Rencana Reuni SLTP Takhassus Al-Qur’an Angkatan 2000

SMP Takhassus Al-Qur'an

SMP Takhassus Al-Qur'an

Malam teman-teman,

Malam ini aku ingin sejenak nostalgia dengan masa laluku

sejenak aku rehat dari aktivitas coding ku, kalau menuruti pekerjaan sepertinya tidak selesai selesai ada saja yang dikerjakan.

Akhir-akhir ini aku rajin buka facebook bukan karena sering update status seperti waktu itu, Aku sekarang untuk update status tidak sesering yang dulu tapi karena mau ada reuni SLTP ku dulu.

SLTP ku yang tercinta sebentar lagi akan mengadakan reuni. dulu waktu aku sekolah istilahnya SLTP sekarang berubah lagi SMP

ah…. menyebut nama Takhassus seperti ada yang menyeruak di hatiku

sebuah episode hidupku yang indah selama tiga tahun di sebuah pondok pesantren Al-Asy’ariyyah Kalibeber Wonosobo

aku tidak akan melupakan episode hidup ini, episode terindah dalam hidupku. dimana aku dibimbing mengaji, mempunyai banyak teman yang bersama dalam suka maupun duka.

Konon katanya kalau orang yang mesantren nya hanya 3 tahun maka ilmunya tanggung atau pas-pasan , dan itu memang aku akui. ilmu yang kudapat selama 3 tahun memang pas pasan, artinya belum begitu mampu untuk terjun dan membimbing masyarakat,  terlalu sedikit ilmu yang dapat kukaji  terlebih saat itu adalah usia transisi dari anak anak ke remaja, yang artinya dari segi penalaran dan segi kesungguhan masih belum dikatakan matang. namun meski hanya 3 tahun lamanya aku masih dapat merasakan manfaatnya sampai sekarang. setidaknya aku berusaha menjadi orang jujur dimanapun dan berusaha taat agama dan bekal itu yang kupegang selama ini, sekolah dimanapun kerja dimanapun aku bertekad untuk menjadi orang jujur. dan sedikit bekal itu yang dapat kutularkan kepada anak istri.

kembali ke smp takhassus…..

jujur aku rindu dengan masa lalu, masa terindah dalam hidupku.
sejarah hidupku mencatat bahwa masa emas hidupku adalah saat SMP . Dengan izin Allah aku mendapat peringkat yang memuaskan selama 3 tahun di sana. baik di sekolah pelajaran umum dan takhassus maupun diniyyah aku masuk ke dalam rangking yang bagus. inilah episode emas hidupku. aku belajar keras selama di sana, aku ingat aku mulai belajar keras awal kelas 2 dan saat itu kelas 2A. aku lihat teman-temanku sekelas pintar2 semua, ada Ahyat yang terkenal pintar untuk pelajaran agama terlebih exact dia dari kelas 1C, ada Ruswanto dan Nur hakim yang terkenal pintar agama dia dari kelas 1B, ada pula Hamidah Hamama cucunya simbah yang cerdas dari 1B, ada Zuhria yang selalu dapat rangking dari 1D, ada pula teman2ku yang dari 1A yang pintar2 seperti Ayub syuhada, Tati uswatun khasanah, dsb. Hari pertama aku masuk kelas 2 aku agak tegang harus bersanding dengan orang-orang pilihan masing-masing kelas. aku nyaris tidak ngobrol dengan siapapun waktu hari pertama itu.

Waktu itu pelajaran bahasa inggris diajar oleh Pak Ardi Subarkah, dengan buku cetak kuning yang agak tebal para murid memperhatikan beliau mengajar.

“Perhatikan gambar di buku dan sebut bahasa inggrisnya apa”, ujar beliau kepada murid2

aku gelagapan takut ditunjuk karena aku tidak bisabanyak gambar2 yang aku belum tahu bahasa inggris nya apa saat itu.

“selanjutnya Gambar gunting, apa bahasa inggrisnya, “

“scissors” kata beberapa murid. aku lihat salah satu yang menjawab pertanyaan tersebut adalah akhyat

hm… ahyat ya pintar ya orang itu, aku kalah dengan dia

malamnya aku ambil buku bahasa inggris,ambil kamus aku artikan kata per kata untuk pelajaran yang tadi dan aku buka pula pelajaran untuk berikutnya agar aku lebih siap, dengan tekad aku tidak mau kalah

hari demi hari akhirnya aku memastikan bahwa setidaknya ada beberapa orang paling pintar di kelas 2A yang harus dikalahkan jika ingin rangking 1, mungkinkah aku rangking 1, aku sendiri tidak yakin, tapi tidak ada salahnya mencoba

orang2 itu adalah : Ahyat, Ruswanto, Ami, Zuhria, Nur hakim

orang2 itulah yang harus aku kalahkan secara sportif, aku harus lebih giat belajar lebih dari mereka

namun begitu aku sama sekali tidak berani meremehkan yang lain karena aku sadar benar mereka yang ada di kelas 2A adalah orang2 pilihan dari masing2 kelas 1 sebelumnya, seperti Thohirotun, Hidayat, Aminul Fikar, dsb

satu persatu pelajaran aku cermati dengan seksama, jika sedang diajar pak guru mataku tajam seolah tidak ingin melewatkan satu materipun

Pak Jumeno menerangkan Fisika , aku ingat materi pertama kelas 2 adalah kalor. aku perhatikan baik2 beliau mengajar, meski memegang buku LKS namun kurang afdal kalau tidak mencatat di buku tulis sendiri.

Beliau menerangkan ada Kalor jenis, Kapasitas kalor , Kalor uap dan Kalor lebur. aku catat baik baik rumus2 nya

sepulang sekolah yang lain pada istirahat, makan ada yang mencuci , aku langsung mengambil buku Fisika dan membaca yang tadi diajarkan. aku baca aku hafalkan. prinsipku Akhyat orangnya cerdas daya tangkap nya cepat oleh karenanya aku harus mengimbangi dengan giat belajar.

Aku punya beberapa tempat favorit untuk belajar, seperti di masjid depan jam gede, aku tengkurap sambil baca buku, kadang di bawah koperasi, kadang di bawah masjid atau di makam.

Semangatku memang menggebu, tidak hanya pelajaran umum, pelajaran takhasssus pun aku pelajari serius hingga aku ingat aku pernah hafal pelajaran aswaja yang diajar oleh Pak Hakimin. aku hafal karena sangking seringnya pegang bukunya, Imam Syafii lahir tahun 80 H ,sampai tahun2 nya aku hafalkan , prinsipku ada Ruswanto dan Nur hakim yang pintar agama harus belajar ekstra kalau mau mengalahkan

Aku belajar dari sepulang sekolah sampai ashar, waktu istirahatku aku gunakan untuk belajar.

Malamnya, ketika Pak Luqman keliling aku lanjutkan kembali belajarku di masjid, biasanya kumpul sama teman

Ada Ali Muhlisin, Ada Ipul, Memet, Ali Awabi dsb, belajar di masjid bareng2 sambil ngemil,  ada yang rebahan, tengkurap, duduk, duduk sila , duduk  selonjor macam2 biasanya otomatis melingkar tanpa dikomando. ah… itulah nikmat dari belajar bersama, suatu program yang digalakkan oleh Pak Luqman yakni wajib belajar dari jam 9 sampai jam 10 sedikit banyak membawa manfaat bagi para santri agar setidaknya santri yang jarang pegang buku menjadi pegang buku .

“Minimal harus pegang buku” kata Pak Luqman, biasanya Pak Luqman keliling ngontrol ke blok2 kadang ke masjid, bila ada ketahuan yang tidak pegang buku langsung Pak Luqman menyabet nya dengan rotan, tidak peduli sedang tidur atau sedang apa.

“Awas ada John Luq” begitu biasanya para santri menyebutnya, para santri yang belum pegang buku langsung berhamburan begitu tahu ada John Luq mau datang ke blok nya, “Pinjem dong pinjem bukunya” buku apa aja dipegang, ada yang buku IPS, buku Fisika yang penting pegang  aman tidak disabet.

Namun ternyata justru ini yang menurutku sedikit mendorong santri untuk belajar, setidaknya minimal menjadi ingat kalau ada PR.

“Besok pelajarannya apa saja sih, Oh ada Fisika ya Fisika kayaknya ada PR”

atau “Aduh besok ada PR Matematika, belum garap lagi, kamu sudah belum ? kerjain bareng di masjid yuk “

minimal santri akan ingat ada PR atau tugas kalau sudah buka buku atau melihat jadwal untuk mempersiapkan buku besok, begitulah disiplin yang diterapkan Pak Luqman atau lebih dikenal John Luq

Sebelum jam 10, biasanya santri masih takut2 untuk bebas dari buku

“ke Koperasi yuk”

“Jangan dulu belum jam 10 biasanya John Luq keliling ke santri putri juga, nanti saja setelah wajib belajar selesai”

Barulah setelah jam 10 para santri merasa bebas, ada yang langsung tidur, mencuci pakaian malam malam, nerusin ngobrol di masjid atau bercanda di blok, jajan di kantin atau koperasi, Yang tidur pun lain lain ada yang di blok seperti pindang, ada yang di masjid bantal2 an paha teman, macam2 pokoknya. tapi itulah nikmatnya mesantren tidur dimanapun bisa nyenyak.

Namun begitu masih saja ada beberapa santri yang masih terlihat asyik dengan buku nya biasanya di masjid shof depan , biasanya terlihat tengkurap , bisa jadi karena fokus PR nya tanggung belum selesai atau bisa jadi malah bukunya buat bantal karena bablas tidur.

Menyenangkan sebetulnya wajib belajar, aku rindu dengan masa masa itu…

Aku ingat Nasehat Pak Luqman :

“Santri itu harus punya 3 sifat, makan yang enak, tidur yang nyenyak dan pintar mencuri

1. Makan yang enak artinya jangan makan sebelum lapar, tidak perlu mahal2 kalau makan kalau sudah lapar makan apapun akan enak
2. Tidur yang nyenyak artinya jangan tidur sebelum ngantuk, tidak perlu memaksakan tidur kalau belum ngantuk lebih baik dipakai buat belajar muthala’ah pelajaran yang lalu, setelah ngantuk baru tidur, kalau sudah ngantuk tidur di manapun akan nyenyak
3. Pintar mencuri artinya mencuri waktu, saat teman2 yang lain tidur kita mencuri waktu dengan bangun untuk qiyamul lail”

Waktu sudah menunjukkan pukul 04.39 adzan shubuh sudah berkumandang saling bersahutan
aku harus segera menyelesaikan tulisan ini

11 tahun sudah berlalu teman2….

kenangan itu serasa muncul kembali saat ini
mungkin karena sering mendengar kata reuni akhir2 ini
aku sendiri menyambut gembira akan adanya reuni ini
rencana nya tanggal 6-8 April 2012 nanti

sebagai ketua Sri Nurul Aini
Bendahara nya Umam

Dengan iuran pokok 35.000 ditransfer ke rekening Umam BNI Tapulus No. Rek. 016-786-8228
untuk acara menurut Aini sedang dipikirkan biar matang oleh Lilik sebagai seksi acara

Aku sendiri sudah ancang2 mengambil cuti barangkali diperlukan
insya Allah aku akan datang dengan anak istri sekalian liburan
setelah tiap hari berkutat dengan coding aku rasa tidak ada salahnya
bila sesekali liburan

sudah iqamat aku rasa aku harus pamitan ke mushala

sekarang aku harus undur diri

mohon maaf bila ada salah kata

Teman-teman aku rindu kalian

aku rindu kebersamaan kita yang dulu
semoga kita bisa bertemu kelak di reuni awal April nanti insya Allah

Jakarta, 9 April 2012

Mahrizal

About these ads

7 pemikiran pada “Rencana Reuni SLTP Takhassus Al-Qur’an Angkatan 2000

  1. salut utk adik” ku di smp Taq, sy lulusan pertama SMP Taq tahun 1992, kdg pengen ada event mcm reuni ky gni…biar ktemu ma tman” yg dlu…slam kenal utk seluruh alumni smp taq… smga sukses selalu…

    Suka

    • wah mas yahya kakak kelasku berarti ya
      saat ini gedung nya sudah bagus mas
      aku saja sempet pangling waktu ke sana kemarin

      iya mas menyenangkan kalau reuni bisa ketemu teman2 lama
      aku saja masih kangen

      makasih mas sudah mampir…

      Suka

  2. assalamu’allaiqum, maaf saya afif akhmadi angkatan 1999, maaf sy sdh bertahun2 hilang kontak dgn tmn2 saya mungkin sdr bs bantu krn angkatan sy g jauh dg anda,, ada tlpn/FB/twitter yg bs sy hub.. Tlng saya ingin skli bertemu dn bersilaturahi dg tmn2 saya :(

    Suka

    • Waalaikumsalam
      Mas afif akhmadi,
      wah kita satu almamater ya
      saya adik kelas mas
      untuk kontak kakak kelas (telp,fb,twitter) maaf saya tidak punya
      kebanyakan saya punya hanya seangkatan
      maaf ya mas mohon maklum
      btw mungkin mas bisa menghubungi pihak sekolah langsung , barangkali ada yang tahu
      no sekolah : 0286323753

      Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s