Sedikit tips buat yang ingin belajar pemrograman

Pertanyaan tersebut sering dilontarkan kita yang ingin menjadi programmer

darimana sebaiknya kita memulai belajar dan apa langkah2 selanjutnya?

Baik langsung saja :

1. kita belajar dulu apa yang namanya algoritma, algoritma adalah urutan langkah dalam menyelesaikan masalah, darimana belajar algoritma? dari kuliah, kursus, teman, buku atau internet. kuasailah dulu semakin baik kita menguasai algoritma semakin baik pula kita dalam penguasaan algoritma. Biasanya di bangku kuliah untuk belajar algoritma memakai bahasa pemrograman pascal atau C++, kedua program ini bagus untuk algoritma.

Bagi yang belum tahu algoritma, garis besarnya algoritma adalah langkah2 dalam memecahkan masalah.

contoh sederhana misal mau buat kopi :

1. Mulai dengan menyalakan dispenser

2.ambil cangkir

3. masukkan kopi bubuk ke dalam cangkir

4. masukkan gula ke dalam cangkir

5.bila air sudah panas tuangkan air ke dalam cangkir

6. Aduk kopi dengan sendok

7. secangkir kopi siap dihidangkan, selesai

sederhana ya kelihatannya, memang kalau contoh simple nya sederhana tapi kalau sudah masuk ke dalam kasus, sangat diperlukan ilmu algoritma yang kuat.

Dan satu hal yang perlu dicatat, algoritma orang kadang berbeda dan itu wajar, contoh simple yang nyata misal saya dan tetangga saya tinggal di pasar rebo mau ke Istiqlal, saya naik kereta untuk sampai di sana, tetangga saya naik busway , mungkin ada tetangga lain ke sana naik motor sendiri, begitu pula cara membuat suatu program perbedaan algoritma adalah hal yang wajar, namun begitu algoritma yang paling efektif dan efisien itulah algoritma yang baik.

2. Pilih bahasa pemrograman yang kita sukai, kalau masih bingung, biarkan saya beri gambaran: pemrograman itu ada dua : pemrograman desktop dan pemrograman web:

a. pemrograman desktop ialah pemrograman yang jalan tanpa browser , contoh nya adalah antivirus smadav begitu kita klik langsung jalan programnya

b. Pemrograman web ialah pemrograman yang jalan menggunakan browser, contoh nya adalah facebook , wordpress, perlu browser misal firefox, google chrome dsb untuk menjalankannya

kita mau kemana ?

kalau mau di pemrograman desktop maka pilihan programnya adalah : C++, JAVA, VB.NET, Delphi dll

sedangkan kalau mau di pemrograman web maka pilihan programnya adalah : PHP, ASP , Ruby, dll

pelajarilah salah satu dulu, ingat harus satu dulu, kalau satu sudah bisa lompat yang lain akan tidak susah, kalau satu saja tidak bisa melangkah yang lain akan tetap susah. logika pemrograman di semua bahasa sama.

3. Kuasai ilmu Database, database ibarat lemari , kalau lemari tempat penyimpanan pakaian sedangkan kalau database adalah tempat penyimpanan data. Database bermacam2 ada Ms. Access,  MySQL, SQLServer, PostgreSQL, Oracle, dsb. kenapa sih harus menguasai? ingat sebuah sistem informasi tidak lepas dari yang namanya database, website tanpa database pun dikatakan website statis yang tidak dapat berubah2. kuasailah satu saja dulu, misal MySQL, pelajarilah ilmu tentang database semisal, ERD (Entitas Relational Diagram) yaitu bagaimana membuat database saling berhubungan dengan baik entitasnya, Normalisasi database  yaitu bagaimana membuat database yang normal, dsb. Ilmu-ilmu tersebut pelajarilah perlahan-lahan.

4. Koneksikan antara bahasa pemrograman dengan database, misal sudah bisa PHP cobalah latihan koneksi ke MySQL

5. Tekun latihan, paling tidak tiap hari sediakan waktu dua jam untuk belajar

6. Terima project, setelah kita latihan banyak maka cobalah kita menerima project dari luar, bukan mengenai fee nya melainkan skill kita agar benar2 terlatih, terkadang banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari pembuatan project. mencari project bisa dari teman, milis atau forum2 di dunia maya, misalnya PHP diantara forum project  adalah http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7765530  atau   http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1617707.

7. Baca buku, jangan remehkan membaca buku. percayalah membaca satu buku lebih baik dari membaca selusin artikel di internet. saya mempunyai teman programmer, dia cerita dia awalnya belajar pemrograman dari buku dia beli seharga 30 ribu, dipelajarinya di rumah, sekarang dia sudah menjadi programmer profesional dan banyak menerima project yang nilainya jutaan, luar biasa hanya dengan 30 rb hasil baliknya jutaan rupiah. intinya kembali ke no 5, tekun latihan

8.Browsing internet, internet ini adalah dunia maya yang luas, berbagai informasi tersedia di sini, dari positif sampai negatif, termasuk pemrograman di internet banyak tersedia tutorial2 baik berupa artikel maupun video, meski masih lebih baik baca buku namun menggali informasi dari internet tidak kalah penting.

9. Aktif di milis atau forum, ketika ilmu basic sudah lumayan kuat cobalah bergabung di milis atau forum pemrograman. selain kita bisa bertanya jika kita kesulitan juga kita bisa membantu member yang lain yang kesulitan jika kita mengetahuinya, dalam belajar program semakin banyak kasus akan semakin baik, jangan sungkan untuk sharing pada yang lain, namun tentu aktifitas tersebut jikalau kita sedang senggang.

itulah tips dariku semoga bermanfaat

Terima kasih sudah berkunjung

Jakarta, 11 Oktober 2011

Mahrizal

Iklan

7 tanggapan untuk “Sedikit tips buat yang ingin belajar pemrograman

  1. Untuk memulai segala sesuatu (termasuk pemograman) dahulukan dulu otak kanan kita, artinya yg dibutuhkan adalah keberanian untuk memulai. Hilangkan dulu semua teori yg ada dalam otak kiri, yang hanya membuat makin takut salah untuk memulai. jadi hal pertama adalah take action (Lakukan saja apa yg ada di otak kanan), setelah itu pasti akan muncul Problem (program gak jalan, scrip salah dll) , dengan adanya problem tentu kita akan melakukan Evaluasi (disinilah otak kiri akan bekerja), yg akhirnya mendapatkan Solusi.. setelah Solusi di dapat, lakukan Action lg – timbul Problem lagi dan begitu seterusnya, sehingga terbiasa dan menjadi mahir . benar yg di tulis mahrizal.. mulailah dengan yg disukai.. dan konsisten
    ini juga bisa dilakukan untuk memulai apapun :
    Pemograman
    belajar Bahasa
    Menulis
    bahkan Bisnis sekalipun

    demikian tambahan dari seseorang yg sedikit ilmu ini
    CMII

    Suka

  2. ane kurang setuju kalau pertama2 langsung algoritma, seharusnya langsung masuk ke bahasa pemrograman dulu, terus algoritma biar orang ngerti gmn program harus berjalan, nah seterusnya kalau mau pindah bahasa lebih mudah.
    kalau pertama2 algoritma tanpa langsung praktek ke bahasa pemrogramannya orang bakal bingung gmn program akan berjalan karena cuma di bayangkan doang kan?
    biasanya orang akan lebih mengerti jika langsung di beri contoh praktek, makanya yg pertama itu langsung pilih bahasa pemrograman untuk belajar dulu kalau udh ngerti terserah kalau mau pindah ke bahasa lain.
    tapi kalau udh sreg sama 1 bahasa diusahakan fokus kebahasa itu…

    Suka

    1. Thanks Mas Apin atas kunjungan dan pendapatnya
      Mas Apin benar belajar algoritma tanpa praktek akan bingung
      namun menurut saya belajar algoritma tidak selalu identik dengan bahasa pemrograman.
      aloritma menurut saya adalah sebuah pondasi bagi seorang programmer
      algoritma adalah cara menyelesaikan masalah dengan baik dan efisien
      semua bahasa pemrograman algoritma nya sama
      adapun bahasa pemrograman adalah perwujudan dari hasil algoritma yang kita buat
      belajar algoritma yang paling mudah adalah membuat flowchart untuk menyelesaikan suatu masalah, biasanya para pemula diberi contoh ringan seperti algoritma memasak nasi, algoritma tidak harus selalu diimplementasikan langsung dengan bahasa pemrograman.

      waktu kuliah dulu algoritma saya pertama disuruh buat flowchart berangkat dari rumah ke kampus, sederhana bukan? apakah hanya dibayangkan di otak? tentu tidak kita tulis kita gambar langkah2 nya, dan itulah yang disebut algoritma.

      masalah if, else, while itu nanti, kalau algoritma sudah paham syntax akan menyusul. sebenarnya segala sesuatu ada algoritma memasak nasi, membuat rumah, membuat gedung. dan pemrograman adalah salah satu disiplin ilmu yang membutuhkan algoritma. adalah salah fatal orang belajar bahasa pemrograman tapi tidak bisa algoritma.

      saya pernah menemui seorang programmer yang jam terbangnya sudah tinggi lebih lama kenal pemrograman dari saya, syntax2 sudah hafal tapi bertanya mengenai logika cara menghitung jumlah hari yang terpakai cuti kerja bila pegawai mengambil cuti dalam rentang waktu tanggal, aneh bukan? algoritma nya kurang kuat, syntax2 yang dia tahu hanya hafalan kebiasaan. itulah yang saya maksud mempelajari algoritma lebih penting dan hendaknya lebih dulu daripada belajar bahasa pemrograman.

      di algoritma kita diajarkan bagaimana cara menyelesaikan masalah2 dari dasar sampai rumit seperti menghitung rumus trigonometri, luas lingkaran, pemindahan menara hanoi, kemungkinan muncul mata uang, rekursif dsb. logika seperti inilah yang kita harus kuat. kalau logika sudah kuat, insya Allah belajar bahasa pemrograman akan cepat

      Suka

    2. Setuju dengan apa yang dikatakan mas Mahrizal.

      Algoritma itu bersifat universal, bisa masuk ke bahasa pemrograman apapun.
      Jika pemula diajarkan lebih mendalam pada bahasa pemrograman dibanding algoritmanya, dapat dipastikan dia tidak akan bisa mengembangkan program yang dibuatnya tersebut, dia pun akan merasa berat (sulit) untuk membuat program baru yang beda permasalahan, terutama saat permasalahannya komplek (dalam satu program mengandung banyak cabang keilmuan).

      Kesimpulannya, pelajarilah algoritma sampe kena,

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s