Review Bis Sinar Jaya

Bis sinar jaya, sumber : pemujasangbunda.blogspot.com
Bis sinar jaya, sumber : pemujasangbunda.blogspot.com

Aku mempunyai bis favorit kalau perjalanan pulang kampung dan berangkat ke Jakarta lagi, yakni bis sinar jaya.
warga jawa tengah yang merantau ke jakarta pasti tidak asing lagi dengan bis ini, bis yang menjadi idola para perantauan khususnya
bagi yang berasal dari jawa tengah termasuk aku dan keluargaku
istriku tidak lama lagi akan pulang kampung mewanti-wanti “kalau nanti bis sinar jaya nya sudah habis mending pulang lagi aja jangan naik yang lain”
begitu pun kakak iparku waktu di pulo gadung waktu bis sinar jaya nya habis dia lebih memilih kembali ke kontrakanku daripada harus naik yang lain karena bis
sinar jayanya sudah habis artinya sudah berangkat semua
aku suka bis ini nyaman disiplin tepat waktu banyak atau sedikit orang tetap berangkat bila jam nya berangkat tidak mengenal kursi cadangan
di tengah , kalau kursi penuh ya penuh
aku juga pernah naik bis selain sinar jaya kalau pulang kampung atau berangkat ke jakarta , namun menurutku tetap bis sinar jaya yang terbaik. belum ada bis sepadannya
yang melebihinya untuk sekarang ini
setidaknya ada beberapa kelebihan bis sinar jaya dibanding dengan yang lain yang sepadannya, yakni :

Ilustrasi waktu, sumber : livesreflection.blogspot.com
Ilustrasi waktu, sumber : livesreflection.blogspot.com

1. Tepat waktu

ini lah yang dicari orang , waktunya berangkat ya berangkat, tidak perlu nunggu orang lagi, beberapa kali aku naik bis sinar jaya
di bis cuma ada 10 orang atau 15 orang tapi tetap berangkat karena jam nya harus berangkat, enak kalau begini penumpang nyaman tidak perlu menunggu2 yang tidak pasti
ini termasuk ke dalam pelayanan, lho bukannya rugi..? banyak kursi yang kosong? bisa jadi sekilas begitu tapi itu adalah keuntungan jangka panjang
karena waktu nya berangkat harus berangkat orang akan nyaman dari situ tidak molor, sehingga lain kali penumpang tersebut mau pulang kampung lagi
dia akan terkesan dengan sinar jaya karena kedisiplinannya, itu satu orang belum yang lain , dari mulut ke mulut , dari pengalaman satu ke yang lain
tentu ini adalah keuntungan jangka panjang, nama baik akan terjaga
pernah suatu ketika aku naik bis selain sinar jaya karena nasibku tidak beruntung ketinggalan bis sinar, penumpangnya  banyak yang mengumpat karena berangkatnya lama, ngetemnya lama, bisnya nunggu penuh dulu baru berangkat
wal hasil penumpang yang awal2 naik pada jengkel sewot dsb, untuk berangkat nunggu penuh dulu sedangkan penuhnya tidak tahu kapan, marahlah para penumpang
sehingga orang yang duduk didepanku sempat nyeletuk ‘kalau sinar 15 orang juga pasti sudah berangkat, aku naik bis ini karena sinar sudah habis’
ternyata tidak hanya aku dan keluargaku yang terkesan dengan disiplin nya orang lain pun begitu
2. Tidak mengenal bangku cadangan

Di dalam bis eksekutif, sumber : groups.yahoo.com
Di dalam bis eksekutif, sumber : groups.yahoo.com

Bis sinar jaya biasanya kalau sudah penuh kursinya dia tidak menaikkan penumpang di bangku cadangan, artinya ada bangku plastik di tengah-tengah.
untuk selain bis sinar jaya hal itu sudah lumrah apalagi kalau sedang ramai-ramainya seperti liburan dsb, karena penumpangnya banyak
main isi2 aja bis nya , ‘ayo naik masih kosong’ padahal sudah penuh kursinya nanti diambilkan bangku cadangan, itu satu nanti ada lagi penumpang naik , naik lagi
jadinya tengah2 bis penuh dengan penumpang yang duduk dengan bangku cadangan , kadang walaupun sudah penuh bangku cadangannya, kernetnya tetap saja naikkan penumpang baru
walhasil penumpang yang sudah di bis pada ngomel, taruh dimana lagi nih
tapi bagi bis sinar jaya hal itu tidak dikenal, bila kursinya penuh dan jam nya berangkat ya berangkat meski penumpang baru mau naik akan ditolaknya
aku beberapa kali mau naik tapi kata kernet atau supirnya ‘sudah penuh mas’, ya sudah aku turun nunggu bis sinar jaya yang lain. aku memakluminya, sinar jaya memberlakukan disiplin ini adalah untuk kenyamanan penumpang yang lain.

Di dalam bis eksekutif, sumber : yulfi.com
Di dalam bis eksekutif, sumber : yulfi.com

3. Tidak menaikkan penumpang di tengah jalan atau istilahnya mengompreng

Bis sinar jaya tegas dalam hal ini , bila ada bis yang ketahuan mengompreng atau menaikkan penumpang di jalan selain di terminal atau agen maka akan dikenakan sangsi oleh perusahaan
aku pernah mendengar seorang agen tiket sinar jaya bercerita bahwa sinar jaya tegas dalam hal ini, pernah ada seorang supir ketahuan menaikkan penumpang di jalan dikenakan denda yang tidak sedikit
sehingga bis sinar jaya disiplin akan hal ini
4. Tidak menaikkan tarif tiket atau karcis di atas ketentuan

Contoh tiket jurusan Jogja, sumber : twicsy.com/i/AFsHY
Contoh tiket jurusan Jogja, sumber : twicsy.com

Bila ketentuan dari pusat tiket bis 50 ribu maka kondektur tidak boleh menaikkan tarif lebih dari itu, termasuk ketika lebaran, lebaran biasanya naik dua kali lipat lebih katakanlah harga tiket 100 maka
tidak boleh menaikkan sendiri di atas ketentuan itu, dengan kata lain bila kita beli tiket sinar jaya seharga x maka harga x itulah ketentuan dari perusahaan
jangan kuatir sinar jaya disiplin akan hal ini bila ketahuan menaikkan tarif maka oknum nya akan ditindak
dengan itu pula kita bisa tahu bila ada yang menjual di atas ketentuan maka itu adalah oknum, misal harga biasa 50 untuk ac bisnis
kemudian ada yang menawarkan 80 maka dia adalah calo, tidak mungkin sinar harganya 80 untuk ac bisnis untuk saat ini
5. Tidak mengenal istilah calo

Loket di wonosobo dengan seragam, sumber : bismania.com
Loket resmi di wonosobo dengan seragam, sumber : bismania.com

Sinar jaya anti pada calo, karena calo lah yang bisa mencemarkan nama baiknya, oleh karena nya untuk tiket sinar jaya menjualnya di atas bis
bila penumpang naik baru kondektur akan mendatangi dengan membawa tiket, sedangkan bila ada yang mengatasnamakan sinar jaya tapi jual nya di loket maka kita perlu hati2
biasanya itu adalah calo, sinar jaya biasanya menjual tiket di bis bukan di loket, dan harganya berlipat2 dari harga asli nya, kita harus hati2.
jika memang di loket kita lihat apakah mengenakan baju seragam sinar jaya atau tidak, karena pernah aku membeli tiket sinar jaya di semacam loket yakni di terminal wonosobo dan itu adalah loket resmi petugasnya berseragam sinar jaya harganya pun otomatis sesuai ketentuan
karena kelebihan2 ini lah banyak orang yang simpati kepadanya, dan karena nama baiknya ini lah terkadang ada oknum2 yang mencoba memakai nama nya untuk keuntungan pribadi
aku pernah menemui para calo yang berbohong
“mas mau kemana”
“ke jawa”
“ayo sini , ini sinar jaya”
padahal nanti bis nya bukan sinar jaya
atau bis sinar jaya tapi bayarnya di loket mereka
si calo paham kalau orang ke pulang kampung banyak yang senang pakai sinar jaya makanya memakai nama sinar jaya
dan nanti tiba2 dihantarkan ke loket dengan harga tinggi
pernah aku adukan ke kondektur sinar jaya tentang hal ini, kondektur nya marah, “di mana orangnya, ini dia yang bikin nama bis jelek”

Sumber : pemujasangbunda.blogspot.com
Sumber : pemujasangbunda.blogspot.com

oleh karena nya saranku kalau ada apa2 dengan calo maka laporkan ke sinar jaya nya , calo biasanya takut kalau sudah berurusan langsung dengan bis sinar jaya asli nya
saran ku lagi bila pulang kampung ingin naik bis sinar jaya cari lah orang yang berseragam sinar jaya , biasanya orange dan hitam bertuliskan sinar jaya (lihat gambar di atas), kalau dengan mereka kita tenang bahkan
kadang mereka berbaik hati mau membawakan tas kita mengantarkan ke bis tujuan

untuk bis sinar jaya jawa tengah jalur pantura mentok di pekalongan
saat ini tarif nya kalau dari jakarta ke Pekalongan, per hari ini ya 23 februari 2012:

ekonomi : 40.000
ac bisnis : 45.000
executif  : 55.000

sedangkan untuk jalur selatan sampai pada  purwokerto, Wonsobo dan Jogjakarta (tarif tidak tahu maaf)

Biasanya bis akan berhenti di rumah makan indramayu untuk istirahat, di sini pula ada yang oper2 bis, misal aku mau ke pekalongan karena ketinggalan atau habis maka naik yang jurusan purwokerto
nanti di rumah makan ini aku turun dan nunggu bis ke jurusan pekalongan yang mau berangkat lagi tapi tentu dengan catatan harus info dulu ke kondektur agar diatur
tenang sistem sinar jaya sudah bagus ko, termasuk dalam oper2 an bis, ada ruang tunggu nya juga nanti ada petugas yang mengatur naik bis yang mana
kata temanku “kalau naik sinar jaya jangan kuatir kapiran(bingung) nanti akan diurus”

di rumah makan pula terdapat tulisan “Luwih becik ora mulih kampung ning ora nganggo sinar jaya”
(Lebih baik tidak pulang kampung kalau tidak naik sinar jaya)

aku dan anakku di sinar
aku dan anakku waktu pulang kampung dg sinar jaya

dan terdapat tulisan pula bahwa sinar jaya pernah mendapat penghargaan bis terbaik
kemarin pulang kampung rumah makan nya ada yang baru dibangun bagus, ini rumah makan khusus untuk bis eksekutif
toiletnya pun keramik dan lebih bersih , benar2 dibuat nyaman.

Kesimpulan

kesimpulannya adalah :

1. Bis sinar jaya menurutku adalah bis terbaik untuk pulang kampung, tepat waktu, disiplin, mengutamakan pelayanan dan mempunyai sistem yang bagus

2. kalau mau sesuatu itu baik maka harus dimulai dari sistemnya
kalau sistem nya sudah bagus maka dari atas sampai bawah akan bagus
termasuk perusahaan
sinar jaya menjadi bagus dan terpercaya menjadi idola para perantauan adalah karena sistemnya yang bagus dan kredibel
kata Aa gym kalau sistem sudah kredibel maka yang lain akan ikut

Demikian review dariku sudah malam aku harus istirahat
Buat bis sinar jaya terima kasih atas pelayanannya
sabtu ini rencana aku mau pulang bersama anak istri karena adik ipar mau nikah semoga aku bisa kebagian naik sinar jaya lagi
semoga selamat di perjalanan

ah…. sudah pukul 4:00 sebentar lagi adzan subuh

Buat teman teman aku terima kasih sudah mau membaca tulisan ini

selamat beristirahat
Jakarta, 23 Februari 2012

Mahrizal

 

=== Update 31 oktober 2016 ===

NB : Aku bukan pengurus sinar jaya atau pegawai sinar jaya, aku cuma orang perantauan yang kalau pulang kampung suka pakai sinar jaya

Mohon jangan tanya pertanyaan yang seolah2 aku pengurus atau pegawai sinar jaya…..maturnuwun….

 

Iklan

111 tanggapan untuk “Review Bis Sinar Jaya

  1. saya pernah ke pulogadung ke loket sinarjaya harganya dilambungkan sekali, kalo dari pekalongan ga pernah dipermainkan harganya. tapi kalo di jakarta harganya dimain2kan, akhirnya saya mengundurkan pulang daripada melayani petugas yg mempermainkan harga

    Suka

    1. Imam bai,

      menurut saya itu bukan loket sinarjaya mas
      saya 2 tahun lebih tinggal di pulo gadung dekat2 terminal dan tahu benar sinar jaya di sana

      itu adalah calo
      meskipun yang dijual adalah tiket sinar jaya
      karena sinar jaya tidak pernah menaikkan harga, itu peraturan keras, kalau ketahuan menaikkan akan ada sanksinya
      itu bisa dilaporkan ko mas
      kalau memang itu oknum dari sinar jaya pasti akan ditindak tegas oleh instansinya
      kalau itu calo luar akan diingatkan oleh sinar jayanya karena itu yang mencoreng nama baik mereka

      saya biasa naik sinar jaya di pulo gadung, membeli tiket hanya di atas bis
      belum pernah saya menemui ada loket sinar jaya di pulo gadung
      karena saya tinggal di deket terminal sedikit banyak tahu sudut2 pulo gadung
      setelah kita naik bis baru petugas nya datang sambil bawa tiket
      baik di pulo gadung maupun kampung rambutan sama saja

      para calo menggunakan nama sinar jaya karena tahu benar yang dicari orang untuk pulang kampung no 1 kebanyakan sinar jaya

      saran saya kalau mau naik sinar jaya, cari bis nya dulu sendiri kalau ditanyai orang yang tidak berseragam cuek saja tidak usah jawab dia marah biarin karena sekali kita jawab mau kemana kita diarahkan ke loket mereka
      cuekin saja kalau mereka tanya
      kecuali yang berseragam sinar jaya maka kita boleh menjawab biasanya mereka langsung menunjukkan bis nya yang mana

      setelah kita temu bis nya langsung naik nanti akan ada petugas yang datang bawa tiket

      Suka

  2. mau mudik ni mas..
    terus aku gimana ? ga bisa pesen buat 2 hari lagi.. misal aku beli tgl 15 untuk tgl 17 gitu.. ?
    ga ada loket belinya kemana ? awam nih.. mohon bantuan mas.. aku juga mau ke pulau gadung.. 😦

    Suka

    1. Mau mudik ya mas saiful asyik….ketemu keluarga nih…
      kalau sinar jaya di pulo gadung memang tidak ada loketnya mas
      jadi tidak bisa dipesen

      bahkan petugasnya yang misal tetangga kita atau kenalan kita tidak bisa dipesen
      semua by sistem

      ada kelebihan dan kekurangan
      kekurangannya ya gini pada repot yang mau naik sinar jaya
      tapi kelebihannya sportif, siapa yang duluan naik bis dia yang dapat
      sehingga anti calo, tiket bayar pas kita sudah naik dan duduk di kursi

      yang penting pas hari H nya tungguin sinar jaya dan segera naik
      kalau pas rame kadang rebutan masuknya karena berebut dapat kursi

      saran saya berdzikir dan berdoa mas biar dapat sinar jaya nanti
      karena pengalaman saya di pulo gadung pas rame2nya memang tidak mudah
      belum lagi nunggu datengnya bis kadang lama karena kejebak macet waktu mau balik ke jakarta

      saya doakan mas semoga dapat sinar jaya
      dan yang terpenting selamat sampai tujuan

      salam buat keluarga ya mas..

      Suka

  3. Saya Mau pulang ke Purbalingga, kalau di Jakarta Pusat yang ada Bus Sinarjaya terdekat di mana ya…? kalau di Purbalingga sistemnya beli tiket dulu baru bisa naik ke Busnya… jadi gak bisa naik dulu & baru bayar tiket di atas busnya karena setiap kursi dah ada yang punya… kalau di Jakarta berarti sistemnya naik dulu & baru bayar di atas bus ya…? kalau pesen dulu bisa gak ya…?Kalau langsung takutnya dah penuh…

    Suka

    1. Dear Mba Tia,

      Kalau di jakarta pusat saya kurang tahu mba
      saya yakin pasti ada cuma saya kurang tahu
      saya selama ini tahunya di Jakarta timur sama Jakarta Selatan
      sesuai yang selama ini saya tinggal

      Oh gitu ya mba di Purbalingga
      memang masing2 kota atau tempat punya kebijakan sendiri

      Berarti Purbalingga mirip di Wonosobo
      di Wonosobo juga begitu, beli dulu di loket baru naik
      loketnya agak gede di terminal , seperti yang saya posting gambarnya di atas
      tiketnya pun ada no kursinya

      sedangkan di jakarta, yang saya tahu
      baik di Pulo gadung atau Kp rambutan beli tiket di atas
      itu karena dikondisikan kedua terminal besar itu rawan dengan para calo
      yang pernah ke kedua terminal tersebut pasti tahu bagaimana keadaan para calo di sana
      Mungkin untuk mengantisipasi para calon penumpang kena calo maka diberlakukanlah sistem beli tiket di atas bis
      naik dulu baru beli tiket

      Untuk pesan tiket saya ko belum tahu ya mba di Jakarta yang bisa yang mana
      mungkin ada tapi saya kurang tahu dimananya

      Begitu yang bisa saya jawab ya Mba Tia

      Terima kasih sudah berkunjung
      Maaf tidak bisa menjawab pertanyaan mba

      Suka

  4. Saya ada rencana mau ke jakarta, untuk naik bis sinar jaya dari pekalongan atau grosir comal pemalang itu ada tidak yang jurusan ke pasar minggu?
    dan harga tiket saat ini untuk bis malam berapa?
    biar yang ekonomi ,ac bisnis, executif ? karena saya akan berangkat malam hari.

    terima kasih.

    Suka

    1. Mas Irfan,

      wah kita tetangga nih
      ada rencana mau ke Jakarta ya mas
      kalau dari Pekalongan atau Grosir Comal ke Pasar Minggu sepertinya ada
      pakainya jurusan Lebak Bulus , Bis nya sebelum ke Lebak Bulus ke Pasar Minggu dulu
      saya pernah naik bis jurusan Lebak bulus pasar minggu tapi dari Agen di Petarukan, saya kurang tahu bis nya berangkat dari Pekalongan atau dari Comal

      kalau mengenai tarif, setelah lebaran ini saya kurang tahu pasti mas updatenya.

      soalnya baru kemarin berangkat dari petarukan tanggal 9 September 2012 malam, tiket nya 60 ribu untuk yang AC bisnis itu pun jurusan cibitung yang lain sudah habis saat itu.

      saya kurang tahu apa itu sudah fix atau karena sisa lebaran
      sebab setahu saya sebelum lebaran untuk AC bisnis sekitar 50 rb.

      kalau saya kemarin pulangnya(7/9/2012) cuma 45 rb AC bisnis, dari Rambutan untuk ke jurusan Pekalongan.

      Jadi mungkin ketiga bis sekitar itu mas, antara 40 rb-65 rb, min 40 untuk ekonomi, 65 max untuk executif, bisnis di antara keduanya
      untuk ketiga bis itu bedanya dikit 5 rb , 10 rb.

      Maaf mas ya saya belum update harga terkini sekarang
      Terima kasih

      Update tgl 14 Des 2012

      Untuk tarif ternyata masih sama
      (Dari Rambutan – Pekalongan)

      Ekonomi : 40
      AC Bisnis : 45
      AC Executif : 55

      Disukai oleh 1 orang

  5. bus yang berangkat paling malam ke pekalongan jam brp ya mas klo dari terminal kp. rambutan ato rawamangun? di atas jam 10 mlm ada? trims infonya

    Suka

    1. Berdasarkan pengalaman saya dari Rambutan paling malam jam 8 mas
      kalau sudah jam 8 meski tidak penuh bis berangkat
      karena kasihan penumpang yang lain
      ini nilai plus dari sinar jaya disiplin
      Dan di atas jam 10 tidak ada

      Tapi itu tidak mesti juga
      kadang jam 7 sudah habis karena sudah penuh dan langsung berangkat

      sinar jaya kalau penuh berangkat
      misal AC Executif jadwalnya jam 7 berangkat
      tapi jam 6 sudah penuh ya berangkat

      tapi kalau belum penuh nunggu jam jadwalnya jam 7
      kalau sudah jam jadwalnya penuh tidak penuh tetep berangkat
      sekalipun orangnya sedikit cuma beberapa
      ini hebatnya sinar jaya yang sudah umum diakui para pemudik

      Terima kasih mas

      Suka

  6. Wah terimakasih nih infonya.. saya jadi tahu..

    Mas Mahrizal, mas tinggal di sekitar pulogadung ya? jadi emang gak ada loket di terminal pulogadung kan? jadi belinya di bus aja ya..? benar begitu kan?
    Saya mau ke Pekalongan…

    Suka

    1. sama2 mas arif
      dulu mas saya tinggal di pulogadung sekitar 2 tahun lebih
      iya mas arif di Pulogadung memang tidak ada loket
      beli karcis nya langsung di bis
      jangan mau ya kalau di pulogadung ditarik ke loket itu pasti calo
      Mau ke Pekalongan ya mas arif
      hati2 ya mas

      Suka

  7. mantab emang sinar jaya, saya dari kalideres naik sinar jaya, karena baru pertama kali mau ke pekalongan naik bis dari kalideres, dan membaca review bro Mahrizal makanya saya langsung nanya ke petugas sinjay di terminal, dan langsung diantarkan ke loket pembelian tiket, harganya 45rb karena ac bisnis..
    berangkat dari kalideres jam setengah 8, sopirnya dan kondekturnya santai banget, ramah juga..
    jalannya gak ugal2an, walaupun saya sebenernya buru2 nyampe pekalongan, tapi walaupun telat sedikit karena macet, tp selamat ampe tujuan..
    awalnya dari pekalongan naik bis lain, tapi ada yang tanya2 ke kondektornya jawabnya susah ama agak nyolot gitu…
    tapi kalo sinar jaya jawabnya ramah, dan memuaskan hati…

    apalagi waktu di rumah makan, saat mau jalan di informasikan, jadi lebih tahu, dan di toiletnya juga gak bau, tapi waktu berangkatnya make bis lain, wiuh bau banget…
    sumpah saya pengen muntah banget tapi karena udah kebelet BAK dan gak bisa ditahan akhirnya tak paksain, tapi sinar jaya gak bau sama sekali..

    pokoknya bagi saya “SINAR JAYA IS RECOMMENDED”…..

    Suka

    1. Mas Irfan,
      memang betul mas sinar jaya memang top
      rumah makannya juga rapi , toilet nya tidak bau
      tapi itu tergantung kelasnya juga ko mas
      kalau yang executif lebih bagus lagi lho mas
      ac bisnis juga bersih ko toiletnya

      O gitu.. di kalideres ada loket nya ya mas
      aku belum pernah naik sinar jaya dari sana soalnya

      Makasih sharingnya ya mas

      Suka

      1. iya emg pak , ya mungkin emang gitu tergantung kelasnya, tapi untuk kelas bisnis ya udah bagus lah menurut saya, apalagi dengan harga yang segitu.. 😀

        wah kalo exekutif belum pernah itu, kebetulan waktu saya itu yang ke pekalongan dari kalideres cuman bisnis, hehehehe…

        iya ada loketnya pak dikalideres,..

        sama2… 🙂

        Suka

      2. iya mas Irfan ac bisnis itu sudah bagus apalagi dengan harga segitu
        yang penting nyaman
        ekonomi juga masih nyaman ko toilet nya , tidak bau

        aku dan keluargaku mending pakai ekonomi sinar jaya daripada ac bis lain
        kalau kehabisan tiket atau bis nya sudah berangkat kita pulang lagi, nanti sore/pagi nya berangkat lagi ke terminal lebih awal biar dapet
        maklum sudah cocok

        but btw kayaknya mas irfan perlu coba deh kapan2 kalau ada kesempatan kelas eksekutif biar lebih wow lagi…
        Toilet dan Mushalla nya bersih banget…
        Aku sama istri sering bilang ‘bener2 dibuat nyaman ya…’

        Suka

  8. Kalo dari jakarta mau ke purwokerto naiknya di terminal mana mas? Klo dari rawamangun ada ndak? Jam brp terakhir,kalo tau infonya? Makasi sblmnya

    Suka

    1. Aan,
      saya dengar kalau dari Rawamangun ada
      meski saya belum pernah dari sana
      kalau jam terakhir ….rata2 sinar jaya terakhir jam 8 an
      meski kadang ada jam 9 ada juga yang jam 7 sudah habis karena penuh

      Suka

    1. kalau pastinya ngga tahu mba ana
      mungkin antara 70-90

      saya naik sinar jaya dari wonosobo ke Jakarta tahun 2010 akhir
      pakai bis AC harga tiket 70 atau 75

      Suka

    1. Pak Handoyo,
      kalau jurusan ke Solo saya ko belum pernah denger ya ada sinar jaya ke sana
      setahu saya untuk jalur timur terakhir di Pekalongan
      untuk jalur selatan sampai Wonosobo dan Jogjakarta
      kalau dari Depok saya kurang tahu pasti tepatnya karena belum pernah nyoba pulang dari sana
      tapi pernah lewat margonda ke Terminal Depok sempat melihat beberapa sinar jaya mungkin ada agennya di sana, cuma ngga paham tepatnya dimana

      Suka

  9. Mas, kalau sekitaran Cililitan, Sinar Jaya Executive jurusan Pekalongan paling deket darimana ya?
    Trus berangkatnya jam berapa?
    Terimakasih.

    Suka

    1. Dari Cililitan ya
      ke Terminal Kampung rambutan saja mas yang pasti ada
      berangkatnya jam 7 pagi sama jam 7 malam
      kalau bisa jam 6.30 itu sudah di terminal

      Suka

    1. saya kurang tahu mas kalau dari lebak bulus
      belum pernah nyoba dari sana
      tapi kalau dirata2 sinar jaya dimana2 berangkat pagi dan sore, paginya jam 7 sore nya jam 6-7

      Suka

  10. eh maaf nih kk sy kan ga terbiasa naik bis sendiri. kok ada bis yg pake tiket? tp ada jg yg nga?
    sy naik bis dr jakarta ke bekasi atau bogor ga pake tiket. kok klo ke pekalongan mesti pake tiket yah? mang ga bisa asal naik aja gitu?
    mang klo trayeknya kejauhan mesti pake tiket yah?
    bedanya bis yg pake tiket sama yg ga pake tiket itu apa?

    aq tinggal di Ciputat. jd bisa ke Lebak Bulus atau Blok M krn tu terminal paling dekat.
    selama ini aq naik bis blom pernah pake tiket. secara tujuannya ga jauh2 amat. paling jauh tu ke bekasi sm bogor. krn aq ga brani pergi sendirian jauh2 naik bis.

    smpe skarang aq ga tau cara beli tiket utk bis.. suka takut sendiri. mang klo dr jakarta ke pekalongan mesti beli tiket di dlm bis? gmana klo ntar ga ada yg jual tiket disana? jd mesti ke loket yah? loketnya tu dimana???? takut nih aku kk…

    klo aq ketemu kk tolong anterin yaaahhhh dr jakarta ke pekalongan
    aq bnr2 pingin ke pekalongan. tp ga brani.
    maaf banyak tanya. terima kasih.

    Suka

    1. Lia jarang naik bis sendiri ya ngga apa2 ko
      Jawab satu2 ya Lia,
      kok ada bis yg pake tiket? tp ada jg yg nga?
      => Benar ini faktor jarak, bis yang tidak pakai tiket biasanya jarak deket sampai menengah contoh Jakarta Bogor atau Jakarta Tangerang pakai Agramas atau Mayasari, kenapa tidak pakai tiket ? karena orang banyak yang naik turun akan repot kalau pakai tiket, sedang nulis tiket buat yang baru naik eh ada yang naik 3 orang lagi , kan ribet, kasihan kondektur nya , dan juga bis yang tidak pakai tiket itu karena ngompreng maksudnya bebas menaikkan di jalan bebas , misal ada orang melambaikan tangan di pasar, di halte, di perempatan , itu boleh dinaikkan . itu kenapa tidak pakai tiket karena naik turun penumpang itu sering dan bebas di mana saja.

      Sekarang yang pakai tiket , Bis memakai tiket itu karena jarak jauh, misal ke Pekalongan , Semarang, Jogjakarta dsb. kenapa pakai tiket , karena :
      1. untuk memastikan orang itu benar2 penumpang yang sudah bayar, nanti ada kondektur yang ngecek bagi yang punya tiket menunjukkan bahwa dia sudah pesan atau sudah bayar
      2. Untuk mengetahui jumlah kursi yang sudah terisi ini dilihat dari jumlah tiket yang terjual. Bila kru Bis yang bersangkutan pingin tahu berapa sih jumlah calon penumpang, dia bisa lihat dari jumlah penjualan tiket. kadang untuk meyakinkan dia menghitung jumlah tiket yang terjual dengan jumlah penumpang yang ada , ini dilakukan barangkali ada penumpang yang menyusup tidak membeli tiket.

      Bis yang memakai tiket jarak biasanya tidak sembarang naik turun penumpang, menaikkan penumpang hanya di terminal atau agen. hanya itu , jadi misal di jalan raya ada orang melambaikan tangan ingin ikut naik biasanya tidak dinaikkan karena dilarang oleh perusahaan bis sebab dianggap seperti mengompreng.

      setelah kursi penuh di terminal maka bis pun melaju sampai ke tujuan , katakanlah Pekalongan. kadang juga bagi bis yang disiplin bila jam nya berangkat dia berangkat meski hanya 15 orang penumpang. ini karena mengutamakan pelayanan

      setelah bis melaju bis tidak berhenti kecuali untuk istirahat , biasanya di rumah makan di Indramayu.

      ini pula sebabnya disebut bis patas, karena setelah jalan tidak berhenti. penumpang pun bisa leluasa istirahat atau tidur bila waktu malam. bisa pula menikmati pemandangan bila siang.

      Setelah sampai Tegal orang kadang ada yang turun karena memang tujuannya sampai Tegal itu pun tertera di tiketnya : Tegal. sehingga turunnya pun Tegal , yang Pemalang pun demikian di tiketnya tertulis : Pemalang, itu pula gunanya tiket untuk mengetahui para penumpang turun dimana, karena di tiket tertera di kota mana dia akan turun. kalau soal turun bisa dimana saja, di pasar , di halte , di terminal dsb,

      sampai sini paham ngga Lia?
      jadi gunanya tiket adalah :
      1. Sebagai bukti bahwa kita sudah bayar
      2. Agar kondektur tahu dimana kita akan turun karena di tiket tersebut tertera tujuannya

      Nah sekarang pertanyaan selanjutnya dimana beli tiket?
      Tergantung dari kebijakan masing2 perusahaan bis dan masing2 lokasi
      contoh real Sinar Jaya ya
      kalau dari Jakarta , Sinar Jaya jarang menyediakan loket untuk beli tiket, kenapa ? calo nya banyak Lia, kuatirnya yang beli para Calo lalu calo itu menjual mahal ke calon penumpang, yang kasihan siapa ? kita kan sebagai calon penumpang
      oleh karenanya di Jakarta,contoh di Terminal Rambutan dan Terminal Pulo Gadung , di sana calo banyak banget makanya Sinar Jaya menjual di atas bis, kita naik dulu ke bis nanti akan ada kondektur yang membawa tiket , nanyain “kemana mba?” kita jawab “Ke Pekalongan” nanti dikasih tiket sambil dibilangin “Pekalongan 50 ribu” misalnya
      habis itu kita duduk manis nanti sebelum berangkat akan ada kondektur lagi yang menyobek tiket
      Tapi ngga semuanya di Jakarta ko, di Pasar Minggu ada agen, kita belinya di agen tersebut sebelum naik

      kalau di terminal wonosobo, di sana ada loket nya , mungkin kebijakannya karena di sana orangnya baik2 dan calo dilarang , sehingga para calon penumpang langsung beli ke loket, selain itu pula di sana bis nya banyak ke berbagai tempat di Jakarta
      sedangkan di Terminal Pemalang kotaku sendiri, tidak ada loket, beli tiket di atas bis

      Demikian ya Lia informasinya semoga bisa dipahami ya kalimat saya
      Oh ya kalau nanti jadi ke Pekalongan hati-hati di jalan ya

      Thanks Lia

      Suka

      1. Assalamu’alaykum, salam kenal mas mahrizal… Mau nanya nih, bus sinar jaya ada sistem pesan tiket dulu ga?. Misal saya pesan tiket hr ini utk pemberangkatan pekan depan. Trus utk wilayah kb. Jeruk agen terdekat dimana ni. Kalo ada bs sms kemari ya, 02141543024. Maturnuwun

        Suka

  11. pernah mau di calo di kp.rambutan, untung kenal sama sopir, kenek, dan agen sinar jaya . pas aku bilang adiknya salah 1 agen disana walhasil calonya langsung ketakutan dan dilepasin deh saya. sebelum pulang kampung memang sebaikny tau harga tiket biar ngga kena calo

    Suka

  12. salam,, mas, kalo berkenan, tolong update harga tiket sinar jaya dari pemalang ke kampung rambutan, atau sekitarnya,untuk tgl 15 agustus 2013 terimaksih atas perhatiannya…………

    Suka

  13. salam mas mahrizal mo tanya kalo dari jakartanya berangkat malam jam 7, kira2 sampai di pekalongan jam berapa yah, trims sebelumnya atas jawabannya…

    Suka

    1. Salam mas Pran
      kalau dari jakarta jam 7 malam dan perjalanan lancar sampai Pekalongan nya kira2 shubuh sekitar jam 5
      Terima kasih mas Pran

      Suka

  14. kalo d pulogadung kita bs cri sinar jaya dmn y mas,coz kalo kita kelamaan cariny udh kburu d samperin calo….
    sya orang awam kalo d polugadung
    thanks

    Suka

    1. kalau di pulo gadung ada di dalam mas, mas masuk aja nyari sendiri tapi jangan sampai kelihatan orang bingung,
      posisinya ada di bis luar kota, deket halte busway , mas masuk aja lurus , sinar jaya biasa di situ
      atau kalau mau aman tunggu di luar terminal mas seperti kakak saya, pas sinar jaya keluar terminal baru kita nyetop tapi itu juga untung2an kalau masih kosong boleh masuk bis kalau penuh ngga boleh

      saran saya , mas masuk aja terminal yang deket halte busway , mas masuk cari sendiri bis nya atau petugas yang pakai seragam sinar jaya
      kalau ditanya calo diam saja, meski dia maksa kita jawab kita mau kemana, cuek saja, sekali kita jawab repot urusan

      gitu ya mas

      Makasih

      Suka

  15. mas saya mau tanya kalau agen sinar jaya di jakarta tmur ma jakarta selatan dmana aja mas? jm keberangkatan untuk masing-masing wilayah jakarta timur dan selatan dan harga tiketnya mas.. mksh mas
    oia no tlp bt agen masing2

    Suka

  16. Mas Mahrizal,saya pernah naik bis sinar jaya eksekutif dg karesori adi putro model new travego dr terminal rawa buaya,bisnya angless bgt n nyaman,full music nonstop sampe shubuh,pkoknya berkesan bgt pertama kali naik sinar jaya eksekutif,selanjutnya saya mau tanya mas,klo mau ke jakarta ke kalideres dr terminal pemalang pke sinar jaya,brngktnya jam berapa ya mas klo pagi…??? Terus bayar tiketnya sebaiknya di loket apa di bis ya mas klo di terminal pemalang…??? Trimksh mas atas jawabannya.. Wasslmkm wr wb…

    Suka

    1. Waalaikumsalam

      Mba Astri,
      kalau pagi dari Terminal Pemalang kalau tidak salah sekitar jam 7
      kalau saya berangkat dari Terminal Pemalang seringnya sore, bis berangkat ba’da maghrib sekitar jam 7

      Dan bayar tiket nya di atas bis setelah kita naik

      Terima kasih sudah mampir Mba Astri

      Suka

  17. maaf mas,saya cowo,bukan cewe,cuma kebetulan nama depannya cewe”Astri” gitu,tp panggilannya “Andi”.. Bgtu mas.. Maaf Mas,saya mw nanya lg.. Ciri2 calo itu yg spt apa ya mas..?? Terus bgmn caranya agar setiap kita mw mngadakan perjalanan dg bis dr terminal,biar bs terhindar dr calo…?? Wlwpun saya sendiri belum pernah jd korban calo,na’udzubillah dch.. Cuma pernah naik bis selain sinar jaya d trmnal pml mw ke kalideres,klo sinar wkt saya nanya jujur hr itu g ada yg brngkt k kalideres,eh mlah di ajak bis lain,bilangnya k kalideres,ternyata jurusannya jembatan lima,untung ada pnumpang baik yg ngsih saran n ptunjuk untuk naik metro mni ke kalideres,sialan bgt gw di bo’ongin,kapok gw naik bis itu, mklum sy msh awam,tp sy jdikn sbg pnglmn yg mngndung pljran yg brhrga,kbtulan sy jg pecinta bis mas sejak kecil sampe bujang skrg, bgtu mas cerita dr saya,oh ya mas tlong kasih tips2 aman klo mw naik bis y mas,biar gk gmpang di bo’ongin n kna calo..??? Mksh y mas n mhn maaf udh gnggu.. Wsslkm wr wb..

    Suka

  18. salam kenal mas mahrizal..saya juga pecinta sinar jaya..saya tinggal di Pondok Ungu Permai..kalau mw pulkam ke Bumiayu saya juga selalu menggunakan sinar jaya..biasanya saya selalu naik yang executive dari pulo gadung..kalo exe sdah jalan semua saya biasanya lsg lari ke rawamangun..yang penting dapet exe hehehe..begitupun kalau dari bumiayu ketinggalan exe ( biasanya jam 8 pagi ) saya bela2in ke purwokerto buat dpt exe hehehe..karena menurut saya naik exe lebih nyaman kalo bawa keluarga,,n tepat waktu yang paling utama..pernah saya dari pulogadung cuma ber 5 sma supir n kenek..berasa mobil pribadi hehe..buat saya sinar jaya the best..

    Salam..Sinar Jaya Mania Bekasi..

    Suka

    1. Wah sama2 pecinta sinar jaya nih mas zaenal
      Dari Bumiayu ke Purwokerto lumayan jauh lho mas sampai dibela2in hebat

      kalau saya mas, kalau pas lagi sendiri misal sinar jaya exe sudah berangkat ekonomi ngga apa2 lah yang penting sinar daripada AC tapi yang lain
      tapi kalau pas bawa keluarga kalau ngga exe minimal AC bisnis yang penting sinar dan AC, kalau AC sudah berangkat mending balik lagi ngga jadi pulkam , dan besoknya berangkat ke terminal lagi buat naik sinar
      sangking setianya ya , pernah gitu soalnya
      karena ya itu mas sudah cocok , daripada paksain naik yang lain tapi akhirnya kesel dan ngedumel karena layanannya kurang memuaskan
      Mas zaenal Bener kalau pas jam nya berangkat ya berangkat meski di bis cuma ada 5 orang… Wah enaknya serasa mobil pribadi

      Salam Sinar Jaya Mania Jakarta

      Suka

  19. mas salam kenal saya rencananya mau ke purbalingga dan mau naik bus sinar jaya kalow pemberangkatan pagi adanya dimana yaa lokasi terdekat saya pulogadung atw rawamangun dan bisa juga dari pangkalan jati mas..tapi saya dengar dari saudara saya terminal rawamangun rata2 semua pemberangkatan sore..mohon infonya yg bisa pemberangkatannya pagi mas….trimakasih

    Suka

    1. Salam Kenal Mba Dia,

      Saya kurang tahu pemberangkatan pagi di mana
      memang2 rata2 arah purbalingga, banjarnegara, wonosobo berangkat sore
      saya kemarin2 berangkat ke wonosobo dari Rambutan pun berangkat sore

      Suka

  20. Terima kasih banget berita dan kisah yang teman teman tuliskan diatas. Saya jadi well-informed nikh! REncananya besok hari Jumat sore 14/2/2014 saya dan istri mo cabut ke Temanggung untuk bezoek adik yang sedang sakit. Kami tinggal di Jagakarsa Lenteng Agung. Setelaah search n surf di banyak situs tentang Sinar Jaya khususnya, besok kami berencana akan berangkat dari Terminal Depok …. atau kalau disana ribet, kami akan ambil yang dari Pasar Minggu. Sekali lagi TERIMA KASIH. Sinar Jaya kiranya akan selalu bersinar dan berjaya dalam win nwin solution dengan pelanggannya.

    Suka

  21. Emang enak naik bus Sinjay Tpi klo di jembatan lima itu Loket asli atau Calo ya mas.? Terus aku naik bus yang executive 85 ribu Itu mahal atau murah mas…?

    Suka

      1. Iya aku dari jakarta Ke Banjarnegara 🙂 Emang aku dari dlu Naiknya bus sinjay terus emang betul itu review mas mahrizal aku juga ngrasain enak waktu naik bus sinajay apalagi yang executive…

        Suka

      1. Eh kirain dari wonosobo….mas mau tanya kalo bus SLJU starbus dan DMI juga dari PT sinar jaya juga….:)

        Suka

  22. saja setiap pulkam pasti kalo bis naiknya sinar jaya..
    dulu pernah naik dari lebak bulus, pas jamannya belum di bongkar. sempat terjadi cekcok dengan calo dari bus lain hahah. untuk ada kru sinar jaya yang kalem dan tenang..
    kemarin trakhir pulang dari lebak bulus beli tiket di agen parwisnya (diluar terminal) karena bus akap sudah tidak ada di dalem..
    emang sip, udah murah dan nyaman untk bis..
    —-
    kalo berangkat dari kebumen juga ane pake sinar jaya terus, dan emang udha jatuh hati sama sinar jaya. hahahah

    Suka

  23. Sore mas mahrizal,
    Saya kan tinggal di jatiwaringin bekasi..kalau mau cr bis sinar jaya di daerah jakarta timur dimana ya?
    Kebetulan saya cari bis sinar jaya ke wonosobo..
    Sabtu bsk rencana yg momong anak saya mau plg..mohon infonya y mas..makasih banyak

    Suka

    1. Sore Mba Septi,

      Kalau di Jatiwaringin mending ke Pulo gadung mba

      Biasanya bis ke Wonosobo adanya malem berangkat jam 7

      Jangan lupa bilangin ke yang momong hati2 dengan calo ya mba

      Sama2 Mba Septi

      Suka

  24. Ass.Wr.Wb.

    siang mas Mahrizal,perkenalkan sya iwan yg trkdang PP Jkt-Pkl.sya klo PP mesti naek bis Jeparaan?kudusan yg notabene klo turun di Pklngn di kenakan tarif terjauh min Smg.sya mau tanya klo bis Sinar Jaya pertama tujuan Pklngn dri P.gadung jam brp ya?apkh dri Rawamangun Sinar Jaya ke Pklngn yng brngkat pagi ada juga? sekian dulu dari saya,terima kasih informasinya mas.

    Wass.Wr.Wb

    Suka

    1. Wlmsalam wr wb
      Pagi Mas Iwan, salam kenal
      iya mas kalau naik bis jepara/kudus/semarang tarif nya memang semarang meski turun di Pekalongan

      kalau Sinar dari P.gadung ke Pekalongan jam 7 pagi dan jam 7 malam mas, kalau buat hati2 bada maghrib sudah sampai terminal mas barangkali pas ramai terutama sabtu minggu

      kalau dari Rawamangun saya kurang paham mas iwan belum pernah naik dari sana hanya saja pernah dengar ada sinar di sana

      Demikian infonya mas iwan ya terima kasih kunjungannya ke blog saya

      Wlkmsalam wr wb

      Suka

    2. Waalaikumsalam
      kalau dari Pulogadung jurusan Pekalongan jam 7 pagi dan jam 7 malam, hati-hatinya sampai di terminal jam 6.30
      kalau dari rawamangun saya belum pernah nyoba

      Suka

  25. Salam kenal nih mas. Sy ada bbrp pertanyaan ttg bus sinar jaya, pertama harga tiket dr pekalongan ke pulogadung/tg.priok brp ya, kedua jam terakhir keberangkatan dr pekalongan jam brp ya mas, ketiga di bus sinjay itu ada smoking area nya gk mas, yg trakhir klo naik bis sinjay itu boleh bawa binatang gk mas, misalnya kucing atau anjing yg msih puppy.
    Thanks mas atas jawabannya

    Suka

    1. mas yonnes nugroho,
      saya belum pernah berangkat dari pekalongan jadi saya tidak tahu tiket dan jam terakhir keberangkatannya
      kalau smoking area ada tapi yang executif
      kalau bawa binatang tidak tahu juga boleh tidak nya, saya pribadi belum pernah

      Suka

  26. Assalamu’alaikum mas, mau nanya kalo dr Lebak Bulus-Pkl Sinjay ad yg pagi tidak ya, jam brp bysa’y trus untuk tiket bagaimana? lgs naik atw ke agen, maklum baru pertama ke Jakarta. mksh mas

    Suka

  27. Halo salam kenal, mau tanya kira2 jadwal keberangkatan bus sinjay dari wonosobo ke jakarta klo hari minggu itu jam berapa saja ya? Punya nomer telfin agen sinjay di wonosobo ga? Makasih ya.

    Suka

  28. salam kenal mas mahrizal, saya taufik, mau pulang ke Purwokerto,dari pulogadung,naik SJ itu lebih aman nunggu di luar kan yah, jadi harus nuggu bis yang jurusan purwokerto kan, tapi kalo misal naik bukan jurusan purwokerto,apa di Indramayu ntar kitanya bisa di oper bus gitu? mohon infonya makasih

    Suka

  29. ass sblmnya
    mas saya pernah naik bus sinar jaya bisnia RS AC
    pas di perjalanan saya kira” di ciamis ,
    bus yang saya tumpangi berhenti menaikan penumpang, padahal busnya sudah penuh .. gimana tuh masss. wasalam.

    Suka

    1. Wlkmsalam mas
      kalau menurut saya itu oknum mas
      sepengalaman saya naik sinar jaya dari rambutan sangat jarang (atau ga pernah kali ya ) bis menaikkan penumpang padahal bis sudah penuh
      Itu kalau ketahuan ada sanksi nya mas
      lagi untung aja tuh bis ngga ketahuan

      Suka

  30. mas MAHRIZAL. maaf saya mau tanya lagi , oh ya sblmya gmna kabarnya sehat kan mass .
    ass saya tinggal di cilacap jawa tengah saya kalo mau berangkat atau pulang kampung sering juga naik sinjay itu pun kalau tiket nya masih kebagian sering nya sih ngga hehe , tp mau gimana lagi saya kerjanya di cibitung mas trs yg jurusan kesana cuman sinjay kalau pahala kejauhan , tp ko saya klo beli tiket ke loket maas paadahal saya waktu itu sudah mau bayar sama kondektur nya eeh dia malah nunjukin saya untk beli tiketnya di loket , kondekturnya siih ber seragam sinar jaya, tp kok harganya beda 20.000.00 sih mas , tp saya tanya sama penumpang lainnya harganya naik sepuluh ribu , gmma tuh mas.
    wasalam mas MAHRIZAL.

    Suka

  31. Hallo mas sLam kenal n mau tany untuk bis sinar jaya dari tangerang ada ga ?
    sy mau ke wonosobo bulan agustus tgl 15 sore kira2 harga tiket aslinya brp y n keberangkatn terakhir jam brp y mas?
    Makasi sebelumnya ya mas.

    Suka

  32. Mau tanya Mas, kalo berangkat dari Rambutan jam pagi, itu lewat Tol Cipali gak Mas? Berhentinya berapa kali biasanya dimana aja? Lalu sampai Pekalongan kira2 jam brp yah Mas?

    Suka

    1. Duh tanyanya banyak amat mas
      udah kaya tanya ama pengurusnya aja nanya lengkap gini

      Btw saya turunnya di petarukan mas ngga tahu kalau pekalongan
      kalau lewat tol cipali seringnya iya

      Suka

    1. Lengkapnya ngga tahu mas bro maklum bukan pengurus cuma penumpang biasa
      yang saya sudah pernah naik di terminal pulo gadung, terminal rambutan, pasar minggu
      Kira2 jam 7 pagi ama 7 malem , bisa lebih cepet kalau udah penuh

      Suka

    1. Ngga tahu mba belum pernah naik dari bekasi
      Kalau bawa burung boleh ngga nya, saya kurang tahu
      Cuma pernah waktu saya pulang kampung waktu itu ada yang ketahuan penumpang yang bawa ayam diomelin ama supirnya.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s