Proyek sistem informasi tidak mudah ?

sumber : jupiterimages.com
sumber : jupiterimages.com

Meski belum lama bergelut di bidang IT aku berani mengatakan membuat sistem itu memang tidak mudah, sistem bukan hanya coding, pemrograman, database, array variable…itu adalah aplikasinya..cara membuat aplikasi pakai database dan coding, sedangkan sistem adalah sebuah satu kesatuan alur pekerjaan yang digabungkan jadi satu.

Membuat sistem bukan hanya memikirkan coding tapi harus lebih luas, bisnis prosesnya, analisa databasenya , infrastrukturnya dsb, butuh seorang yang berilmu luas untuk bisa membuat sistem. susah dan tidak mudah.

Di dalam sebuah buku managemen sistem informasi yang saya baca, 70% proyek IT gagal, benarkah demikian…, harus kukatakan iya

berdasarkan pengalaman saya pribadi membuat proyek IT atau mengerjakannya tidak mudah, banyak faktor yang mempengaruhinya

1. Mulai dari SDM nya, ada dua orang setidaknya minimal dalam membuat sistem yang berperan :

a) Project Manager

sumber : jupiterimages.com
sumber : jupiterimages.com

Pembuat sistem harus ada project manager, siapa sih project manager , di dalam buku 7 langkah membangun sistem informasi, project manager adalah orang yang bertanggung jawab atas keseluruhan pembuatan sistem, Dia lah yang mengatur dan membuat timeline atau time schedule, mengatur kapan akan implementasi, masalah apa yang kira2 akan muncul dan selalu punya solusi untuk setiap masalah, tidak mudah untuk menjadi project manager, salah rencana salah hasil, di belakang sistem yang berhasil selalu ada project manager yang handal. Project manager pula lah yang harus mengarahkan dan menjelaskan kemana arah jalannya sistem kepada programmer agar tidak salah pengertian.

project manager bukan hanya sekedar mengarahkan tentang pekerjaan namun unsur manusiawi dan pendekataan sosial kepada tim nya dibutuhkan. sesekali mengajak makan tim nya untuk rasa kebersamaan adalah salah satu sikap mengayomi yang baik dari project manager. bertanya minta pertimbangan dari tim adalah sikap menghargai pendapat anggota tim nya. dan satu hal yang perlu diperhatikan jangan menekan anggota timnya, tidak perlu ditekan , dengan mengayomi para anggotanya mengarahkan dan membimbing timnya, timnya akan bersemangat dan loyal padanya. untuk lebih jelasnya bisa dicari di google cara menjadi project manager yang baik, salah satunya di link ini http://manajemenproyekindonesia.com/?p=1221

b) Programmer

Sumber : jupiterimages.com
Sumber : jupiterimages.com

Tidak mudah menemukan orang IT khususnya programmer yang berkualitas, bukan hanya skill namun dari attitude. ada yang skill nya tinggi tapi attitude nya kurang ada pula yang sebaliknya skill pas2 an tapi attitude tinggi.

Biasanya orang yang sudah malang melintang di dunia project akan lebih mementingkan attitude nya, skill no 2, toh bisa dipelajari sambil jalan dan cari di google atau buku, attitude yang susah karena merupakan karakter seseorang.

seorang yang punya usaha pembuatan sistem pernah berkata pada saya: “Mencari orang pinter itu banyak, yang susah itu mencari orang yang punya attitude bagus”.

keterangan : sebetulnya idealnya membuat sistem lebih dari dua orang (selain project manager dan programmer ) : ada sistem analis, database administrator, design, tester  tapi minimal2 nya adalah dua orang yang saya jelaskan di atas

sumber : jupiterimages.com
sumber : jupiterimages.com

2. Bisnis proses yang berubah2,  sudah menjadi rahasia umum kalau membuat sistem itu berubah2 bisnis prosesnya, kemarin klien bilang bisnis nya seperti ini, minggu depan bisa jadi berubah, minggu depannya lagi bisa jadi berubah. tapi… itu kan bisa dikunci pakai perjanjian tertulis dan ditandatangani kedua belah pihak agar jangan sampai berubah2, teorinya begitu…mudah…tapi di lapangan belum tentu bisa diterapkan seperti itu. dan di sinilah harus kuakui susahnya membuat sistem bisnis proses yang rubah2, untuk membuat sistem itu perlu mencari bentuk yang pas sesuai dengan SOP maupun keadaan di lapangan, bisa jadi menurut kita sekarang pas tapi nanti minggu depan bisa jadi kepikiran yang lain atau sewaktu implementasi atau penerapan kurang pas di lapangan.. jangan marah itu memang lumrah, itu kenapa nilai nominal untuk harga fee sebuah sistem tidak bisa murah karena kita perlu mengantisipasi hal seperti ini , adalah mimpi membayangkan membuat sistem sekali jadi.

sumber : jupiterimages.com
sumber : jupiterimages.com

3. Komunikasi, Di dalam buku yang saya baca komunikasi antar pembuat sistem dengan klien menentukan keberhasilan sistem. komunikasi yang tidak lancar adalah salah satu penghambat keberhasilan sistem.

Berdasarkan pengalaman saya untuk membuat Sistem informasi biasanya susah untuk tepat waktu, estimasi satu bulan tapi selesai tiga bulan itu sudah biasa, estimasi tiga bulan tapi setahun baru selesai itu juga ada, susah untuk tepat waktu ada kendala ini lah itu lah dari yang sudah diperkirakan sampai yang tidak kita duga sebelumnya. kendala pasti ada, dan inilah kenapa orang yang attitude nya tinggi lebih dipilih karena masalah apapun akan dihadapi , dia tidak akan lari dari tanggung jawab, dia tegar dan menyelesaikan pekerjaan meskipun dirasanya berat, karena dia merasa ini lah pekerjaannya setinggi apapun skill kalau attitudenya nol jempol ke bawah untuk orang itu, meski pas2 an tapi attitude tinggi jempol ke atas untuk orang itu.

Biasanya orang yang sudah berpengalaman dalam membuat estimasi waktu diberi toleransi, misal kira2 bikin modul X butuh waktu 15 hari dia nulisnya 25 hari 10 hari untuk toleransi jaga2, kita tidak tahu programmer nya sakit, atau ada acara mendadak sehingga tidak bisa coding, atau jaga2 kendala lainnya. misal tepat 15 hari sisa 10 harinya bisa buat ngecek atau review ulang barangkali ada bug atau error karena di dalam sistem bug atau error pasti ada.

sumber : e-ktp.com
sumber : e-ktp.com

Tahu e-KTP yang merupakan proyek nasional …apakah tidak ada masalah dan smooth lancar2 saja? kata ketua RT waktu kumpulan RT saya ikut, e-KTP sempat ada masalah teknis, masalah teknis ini lah itu lah padahal e-KTP dibuat oleh orang2 pintar IT tapi tetap saja selalu ada masalah.bagi kita yang tahu sistem pasti bisa memahami membuat sistem tidak mudah.

konon katanya perusahaan raksasa Microsoft  juga pernah terpaksa memundurkan rilis produk dari jadwal rilisnya karena dirasa belum siap padahal di sana gudangnya orang pintar IT.

selalu ada masalah di sistem informasi dan inilah kenapa dibutuhkan seorang project manager yang handal yang selalu punya solusi, tidak apa2 waktu kita mundur asal hasil berkualitas daripada tepat waktu tapi mengecewakan. yang penting kita bilang baik2 apa kendala kita dan jika diundur sampai kapan agar ada kejelasan.

kesimpulannya :

Membuat sistem itu tidak mudah, butuh keahlian tinggi dan ilmu yang luas. kalau tidak yakin membuat sistem sebaiknya jangan , membuat sistem itu tidak mudah, perlu ilmu yang luas untuk bisa membuat sistem, kan bisa belajar sambil jalan , eit…jangan coba2 pada klien .. karena nama baik kita dipertaruhkan….

Tapi kalau kita sudah berhasil membuat sistem…hemm…Dua jempol ke atas untuk kita…

jangan menyerah, teruslah belajar dan berkarya…

Wassalam…

Jakarta, 28 Juni 2012

Mahrizal

2 thoughts on “Proyek sistem informasi tidak mudah ?

  1. Makasihh bngt masukan2x.kl ada proyek2 IT boleh dong ajak suami saya. Krn dia di PHK dari taon 2008 nih.sbg info,dia pernah ikut tender d depnaker (tentang IT) maaf krn sy kurang faham) dia satu2 proyek yang bersih waktu d periksa BPK jadi mhn bantuan dan infox kalo ada proyek IT bisa ajak suami saya.makasihh ya mas

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s