2 Ciri Perusahaan Bagus dan Sehat

Aku ingat waktu aku pertama kali kerja di Jakarta, Akhir Mei tahun 2004 di sebuah pabrik.saat itu sedang ada training awal2 masuk kerja

Ada Orang staff yang mengisi training di sela2 training dia menyelingi obrolan ringan, dia memberitahukan , bahwa kalau ingin tahu sebuah perusahaan bagus atau tidak, sehat atau tidak , maju atau tidak setidaknya bisa dilihat dari 2 hal ini  :

1. Mobil yang Banyak di Parkiran

sumber : dapurpacu.com
Ilustrasi mobil banyak di parkiran,  sumber : dapurpacu.com

Kalau kita lihat di parkirannya mobilnya banyak berarti perusahaan bagus kesejahteraan pada karyawan bagus, sampai2 karyawan banyak yang bawa mobil. mereka bisa membeli mobil tentu penghasilannya tidak kecil dan itu artinya perusahaan berani menghargai karyawan dengan memberi penghasilan yang tidak kecil

Memang benar, sewaktu aku sudah masuk di lapangan aku lihat tidak hanya para manager yang bawa mobil, teman2 karyawan tetap biasa misal bagian driver, supir forklift , administrasi punya mobil sendiri. itu menunjukkan bahwa perusahaan mensejahterakan karyawan. sampai2 karyawan biasa bisa punya mobil.

Orang staff tersebut bilang sambil tersenyum, “kalau karyawannya banyak yang punya mobil, siapa tahu kita bisa kecipratan punya mobil”

2. Toilet yang Bersih

sumber : flickr.com
Ilustrasi toilet bersih
sumber : flickr.com

kalau kita masuk ke sebuah perusahaan dan kita tengok toiletnya bersih maka ketahuilah bahwa perusahaan itu adalah perusahaan sehat.

Apa hubungannya ?

Toilet adalah satu hal remeh dalam sebuah perusahaan ,  tempat orang membuang air kecil dan air besar, tapi dari situ kita bisa melihat bahwa kalau ada perusahaan yang perhatian pada hal yang remeh seperti toilet pasti lah perusahaan perhatian pada yang lain seperti karyawan, kesejahteraan, kesehatan dsb.

Boleh percaya atau tidak, aku sudah pernah membuktikan, semakin bersih toilet sebuah perusahaan maka semakin sehat perusahaannya. Toilet yang kotor, kumuh dan tidak terawat adalah bukti nyata bahwa perusahaan sudah tidak peduli dengan hal yang kecil kalau sudah hal kecil tidak peduli apalagi dengan hal yang besar seperti kesejahteraan karyawan. perusahaan seperti ini biasanya perusahaan yang bisa bertahan saja sudah untung, karyawan banyak yang mengeluh, di belakang pimpinan banyak yang mengumpat, bahkan ada yang di tembok toiletnya banyak coretan yang isinya keluhan dan umpatan pada perusahaan.

sedangkan toilet yang bersih , toilet yang menjadikan orang yang masuk nyaman adalah sebuah gambaran perusahan sehat, seolah toilet itu berkata : “Inilah gambaran perusahaan kami , bersih , sehat dan nyaman, sebagaimana aku yang hanya tempat pembuangan kotoran namun aku dirawat dengan baik, begitu pula semua yang ada di sini semua diperhatikan dengan baik”.

Perusahaan yang memperhatikan kebersihan akan rela membayar orang cleaning service untuk membersihkan toilet, tidak apa2 keluar biaya asalkan toilet besih dan nyaman, kalau toilet nyaman orang yang masuk pun akan nyaman, kalau orang sudah nyaman maka kerjanya akan bagus.

Perusahaan yang sehat bisa dilihat dari kebersihan toiletnya

Tentang toilet hal ini berlaku juga pada sebuah rumah, aku pernah dengar ada orang bilang bila kita ingin tahu apakah sebuah rumah memperhatikan kebersihan atau tidak , tengoklah toiletnya atau kamar mandinya , kalau bersih maka hampir semuanya bersih, kalau kotor yang lain pun tidak jauh beda.

Demikian dua hal yang aku ingat baik saat pertama kali kerja di pabrik, orang staff mengatakan dua hal itu.

 

 

Jakarta, 19 Oktober 2012

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s