Menumbuhkan Minat Menulis

Bagi sebagian orang menulis adalah hal yang mudah dan menarik. Menikmati waktu demi waktu merangkai kalimat demi kalimat jadilah satu karya artikel.

Tapi tidak sedikit yang menganggap menulis tidaklah mudah. Mau memulai dari mana,  apa judulnya, dan bagaimana cara menuangkannya dalam tulisan.

Saya ingin berbagi bagaimana agar bisa menulis dengan mudah

Menulis itu seperti berbicara

Setiap kita senang berbicara dengan teman kita. ngobrol apa saja. nah menulis sama . Menulis layaknya berbicara. apa yang ada dalam pikiran kita tuangkan dalam tulisan.

Tidak perlu kita memikirkan aturan dulu, dulu kita pernah belajar bahasa Indonesia tentang aturan-aturan mengarang seperti aturan paragraf, menentukan tema, harus memakai bahasa yang baik dan benar dan lain-lain. Tidak usah kita memikirkan aturan-aturan itu dulu. aturan nya memang gitu, tapi harus mengikuti peraturan bener-bener ngga apa apa kan , yang penting point utama : “Apa yang ada dalam pikiran tulis “. karena kalau kita bisa berbicara panjang lebar ngobrol ngalor ngidul dengan teman maka kita pun sebenarnya bisa menulis panjang lebar . karena menulis dan berbicara sama. sama2 mengeluarkan yang ada dalam pikiran.

Inspirasi Menulis

Terus kalau sudah pingin menulis, apa yang ingin kita tulis. Inspirasi menulis bisa dari berbagai hal :

1. Pengalaman Pribadi

Ini yang asyik. tidak perlu berpikir. Apa yang kita rasakan apa yang kita alami saat peristiwa pengalaman tinggal kita tulis. Jika kita ingin menulis pengalaman pribadi saat liburan. maka bayangkan dari awal waktu kita berangkat waktu itu, bagaimana berangkat nya, dengan siapa, naik apa. Bila kita punya kenangan lucu, tinggal ingat kejadian lucu dan kita tuangkan dalam tulisan.

Dan enaknya pengalaman pribadi, kita tidak perlu sumber. kalau kita menulis ilmiah kita perlu sumber, sumbernya dari mana sih, buku apa, tapi kalau pengalaman pribadi, enak mengalir tinggal menulis apa yang kita rasa.

Setiap orang punya pengalaman pribadi masing-masing, yang enak dan yang tidak enak. tinggal ingat-ingat kejadiannya atau peristiwanya kemudian tulis dengan jari jemari. tidak perlu detail-detail amat tidak apa2. bagi sebagian orang susah untuk menulis dengan detail. yang penting kita bisa menuangkan pengalaman kita.

Eh siapa tahu juga pengalaman pribadi kita bermanfaat yang lain juga lho, misal ada yang ngetik di google tentang wisata Dieng dan kita sebelumnya sudah menulis pengalaman kita di Dieng, jadi bermanfaat kan

Suatu waktu saya mau ke museum Fatahillah karena tidak tahu saya browsing nemu juga tulisan seseorang di blog. Mungkin saat nulis dia iseng pingin mendokumentasikan tapi bisa bermanfaat buat saya yang sedang mencari tahu di mana museum fatahillah

Salah satu tulisan saya di blog ialah tentang bis sinar jaya (di sini). karena saya merasakan nyaman naik bis sinar jaya, iseng saya tulis di blog, eh…banyak juga yang baca dan bertanya, bisa jadi mereka ngetik bis sinar jaya di google atau browsing2 karena mau pulang kampung akhirnya nemu tulisan saya. kalau gini jadi bermanfaat juga kan

2. Sesuatu yang disukai atau Hobi 

Inspirasi lain dari sesuatu yang disukai atau hobi. kalau kita punya hobi bisa kita tuangkan ke dalam tulisan. bisa juga koleksi kita , kita tulis di blog.

Kalau kita suka sejarah bisa kita tulis. Ibarat berbicara , tentu kita senang berbicara yang kita sukai , menulis juga sama, kalau kita menulis apa yang kita sukai kita akan menjadi bersemangat.

3. Sesuatu yang diketahui 

Kita punya segudang pengetahuan di bidang kita masing-masing. Daripada hanya di otak kita, boleh kita share ke yang lain atau untuk dokumentasi pribadi. saat kita senggang bisa kita menulis tips-tips yang kita ketahui yang mungkin bisa bermanfaat bagi orang lain.

Pas saat memecahkan kasus programming , kalau pas ada waktu saya langsung menulis di blog meski simple, dan meski susah dipahami orang lain , saya tulis, tujuannya biar saat saya menemukan kasus serupa saya tinggal membuka blog saya. saya menulis pemecahan kasus programming untuk dokumentasi pribadi.

Saya ingat saat ada teman kerja kesulitan mengeprint dari word, setelah browsing ketemu dan saya praktekkan ke teman saya benar jadi bisa mengeprint, lansung saya tulis buat dokumentasi pribadi ( di sini ) tujuan saya kalau ada kasus serupa saya tinggal buka , eeh ternyata ada juga yang komentar bilang terima kasih, ternyata tulisan simple saya bermanfaat bagi mereka. Alhamdulillah kan dapat pahala bisa bermanfaat bagi orang lain.

4. Mengomentari berita atau isu yang sedang hangat 

Inspirasi yang lain bisa datang dari berita atau isu yang sedang hangat atau ramai diperbincangkan. kita menulis komentar atau pendapat kita. mengomentari isu ngga apa2 juga sih, siapa yang melarang , kita boleh berpendapat kan. nah tulis pendapat atau komentar kita.

5. Membaca Buku atau Nonton Film 

Setelah kita membaca suatu buku dan ingin share atau memberikan review boleh juga kita tulis. saya ingat suatu ketika ada orang yang menghubungi saya via facebook karena dia membaca salah satu tulisan tentang 7 langkah sistem informasi yang pernah saya tulis. Tulisan itu saya ambil dari bukunya langsung yang saya kembangkan dengan kalimat saya. Ternyata ada orang yang membaca tulisan saya dan mencari bukunya sampai datang ke kampus saya tempat saya meminjam buku tersebut karena dia sedang menyusun karya tulis atau skripsi. siapa sangka ternyata tulisan yang tidak banyak bisa bermanfaat bagi orang lain.

Bisa juga setelah kita nonton film yang bagus yang membuat kita berkesan kita tulis review nya.

Nah itulah yang menurut saya bisa menjadi inspirasi kita menulis.

Oh ya menulis itu buat apa sih , Manfaat menulis itu banyak ko

1. Untuk dokumentasi pribadi 

Kalau kita mempunyai dokumentasi pribadi saat kita ingin mencari sesuatu akan mudah. misal cara pemecahan kasus yang pernah kita tulis , akan mudah bagi kita mencarinya.

Tulisan tentang pengalaman pribadi kita akan menjadi dokumentasi yang akan membuat kita tersenyum manis di waktu yang akan datang. Beberapa tahun ke depan saat kita mungkin sudah lupa dengan apa yang kita tulis, kita akan tersenyum terkenang dengan membaca tulisan-tulisan kita.

2. Menyegarkan otak

Ini otomatis, karena saat kita menulis kita memikirkan kata-kata apa ya yang pas, pas nulis pengalaman pribadi imajinasi kita terbang melintasi jarak dan waktu sambil jari mengetik dengan lincah. saat itu otak kita bekerja dan makin terasah. ada yang bilang dengan menulis akan mencegah kepikunan. kalau dipikir bener juga sih saat menulis otak kita bekerja kadang mengingat-ngingat sesuatu, semakin sering nulis semakin terasah otak kita.

3. Membuat waktu menjadi berguna dan bermanfaat

Daripada menggunakan waktu dengan sia-sia yang membuat kita menyesal. menulis akan membuat waktu kita menjadi berguna. siapa sangka tulisan kita bermanfaat bagi orang lain. waktu-waktu yang kita habiskan depan laptop untuk menulis tidak sia-sia karena menghasilkan karya tulisan yang memberi manfaat bagi orang lain.

4.  Ladang pahala selama tulisan dibaca dan bermanfaat

Ini yang super. selama tulisan kita dibaca dan bisa bermanfaat bagi orang lain selama itu pula kita akan mendapat pahala. meski kita tidur di malam hari , ada seseorang yang membuka tulisan kita di daerah mana , kita akan mendapat pahala, kita mati pun , selama tulisan dibaca dan bermanfaat kita akan mendapat pahala. enak ya sudah mati tapi tetap dapat kiriman pahala.

Itu kenapa saya pribadi lebih memilih blog ketimbang punya website pribadi. pertimbangan sederhananya, kalau saya punya website pribadi dan saya mati , saya tidak tahu keluarga akan memperpanjang domain hosting atau tidak, kalau tidak , sia-sia tulisan saya selama ini akan hilang , beda dengan blog , kalau saya mati, tidak ada domain atau hosting yang perlu diperpanjang, selama blog saya tidak dihapus, selama wordpress tidak tutup , selama  tulisan saya dibaca dan bisa bermanfaat bagi orang,selama itu saya akan mendapat pahala.

Oh ya terakhir untuk menulis kita tidak harus di depan laptop atau pc ko, sekarang baik wordpress atau blogspot ada aplikasi androidnya tinggal download di Google Play. Pas lagi senggang iseng2 kita nulis apa yang ingin kita tulis setelah itu publish deh simple kan.

Selamat menulis……

Jakarta, 16 Juni 2015

Mahrizal

One thought on “Menumbuhkan Minat Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s