8 Tahapan Membuat Website dari Nol

web-site
sumber : http://downsconsultingservices.com/website-components.html

Zaman sekarang siapapun bisa mempunyai website baik yang download gratis memakai CMS seperti Joomla, WordPress atau membuat sendiri dari nol.

 

Saya akan menjabarkan bagaimana tahapan pembuatan website dari Nol.

1. Identifikasi Kebutuhan

Point ini sangat penting, ibarat mau keluar rumah kita perlu tahu dulu kita mau kemana, ibarat membuat sebuah rumah kita harus tahu dulu kita mau seperti apa, 2 kamar tidur 1 kamar mandi ada ruang dapur , misal begitu.
sama halnya kita membuat website, kita corat coret dulu apa kebutuhannya, bila website itu untuk kita pakai sendiri mudah tinggal tanya diri kita sendiri, merenung…..sambil tangan mencorat coret kertas….

Bila kita membuatkan untuk orang lain, tanya apa kebutuhannya, apa saja menu2 nya, fitur2nya
Bila kita sebagai konsultan dan mereka klien jangan lupa kita perlu ada tanda tangan mereka agar tidak mudah merubah atau menambah di tengah jalan. Merubah atau menambah boleh tapi nanti setelah selesai dan dengan perjanjian baru.

Identifikasi juga desainnya mau seperti apa , misal background putih , maunya yang simple dan lain sebagainya. kenapa demikian ? biar jangan sampai kita salah dan kerja dua kali

2. Membuat Desain

Setelah kita tahu kebutuhannya apa, kita desain websitenya. Kalau kita bisa desain syukur tinggal kita mainkan imajinasi dan kreativitas kita. Tapi kalau kreativitas nya pas-pasan lebih baik pakai jasa desainer. punya teman yang bisa desain hubungi teman. itu kenapa pentingnya relasi di sini , ngga ada yang superman….yang ada superteam #hayah..

Kalau kita bisa desain, buatlah di photoshop dulu. jangan lupa kasih watermark saat menunjukkan ke klien.
setelah oke barulah convert ke html…gampang ko belajar html , banyak situs belajar html diantaranya w3schools.com

3. Membuat Database

selanjutnya buat database, Database apa sih? Database itu tempat penyimpanan data. seperti lemari tempat penyimpanan baju. Kan kita ngga mau kan content website itu itu…aja..kita pingin ganti2 sering update, nah itu kenapa butuh database buat masukin updatenya.

Database Populer ya ngga lain MySQL. gampang ko, apalagi ada phpmyadmin. tinggal klak klik 🙂

4. Programming atau Coding

Nah ini bagian terlama dan terberat. membuat programnya biar bisa jalan. coding ini berat, harus ngetik baris demi baris satu persatu. meski memakai framework tetap saja ada bagian yang harus kita ketik codingnya. Tidak ada jalan pintas kalau soal programming. Belajar programming butuh kesabaran karena memang jalan yang panjang….

Nah kalau sudah bisa coding cepet dah codingnya…

Coding buat apa sih? Coding itu buat memanggil data di database. Tadi kan sudah dibahas kita punya data di database. nah buat tampil kan perlu dipanggil, nah manggilnya itu memakai bahasa pemrograman. nanti menampilkannya pakai html. coding tidak kelihatan dari luar. di klik view source di website juga tidak kelihatan. sedih ya sudah berdarah2 coding bela2in coding rapi ngga kelihatan. tapi ngga apa2 bro, coding itu ibarat jantung yang memompa darah ke seluruh tubuh website #tssaaaah
5. Pesan Domain dan Hosting

Setelah coding jadi nah tinggal pesen domain dan hosting.
Apa sih Domain dan Hosting
Apa itu Domain
kalau kita punya rumah kita butuh alamat rumahnya, Jalan apa RT/RW No rumah berapa , tujuannya biar kalau orang nyari rumah kita mudah ketemu Nah seperti itulah domain. Domain adalah alamat url website misal codepolitan.com
Apa itu Hosting
Bila kita membangun rumah kita butuh tanah untuk bangunan rumah kita , bener ngga
Itulah hosting , space disk yang kita butuhkan buat membangun website kita
Kalau tanah ukuran luasnya meter. berapa meter persegi, maka kalau hosting berapa Giga atau berapa Mega
Jadi paham ya Domain Hosting
Untuk mempunyai Domain dan Hosting kita perlu membeli dari yang menjual jasa domain hosting ada banyak, googling keluar banyak. hanya saja pilihlah yang support nya bagus dan cepat.

Saat kita sudah membeli Domain Hosting kita akan diberi Cpanel buat mengelola domain hosting kita.

6. Upload ke Hosting
Setelah hosting siap maka upload program yang sudah kita buat. Cara uploadnya memakai bisa FTP atau langsung dari Cpanel. Ada banyak pilihan FTP yang terkenal ialah FileZilla.

Yeee.. setelah diupload website kita akan online. bisa dilihat siapa saja dan dimana saja

7. Mainkan SEO

Pingin ngga sih website yang kita buat capek2 bisa keluar di google no 1, pingin kan pasti, keren soalnya
Nah ilmu itu namanya SEO , Search Engine Optimization, atau pengoptimalkan website di mesin pencari. Bagaimana caranya orang nyari informasi yang keluar di halaman pertama kita, keren kan.

Bisa kita beli buku SEO atau baca artikel SEO, pelajari dan terapkan bertahap.
SEO ada onpage ada offpage , onpage artinya kita optimalkan yang ada di website , misal dari penggunaan tag <h1> <h2>, title web, kemudian gunakan meta keywords dsb
sedangkan offpage kita maksimalkan unsur luar website , contoh memperbanyak backlink, semakin banyak link yang ke website kita maka akan semakin bagus.

Oh iya omong2 soal SEO pemilihan nama domain di atas juga sangat pengaruh di SEO, contoh nama domain konsultankeuangan.com akan mudah dicari google saat pengunjung mengetik konsultan keuangan , diantaranya lagi hindari tanda strip (-) , contoh : konsultan-keuangan.com , mesin pencari akan mendahulukan yang tanpa strip bila SEO nya sama2 kuat.

Dan yang paling penting, update konten secara berkala. sebab google senang bila ada website dengan konten yang update. Menandakan website nya hidup, juga google lebih senang konten artikel nya dibuat sendiri daripada copy paste.
kalau kata google sendiri, jangan terlalu ambisi untuk menjadi nomor satu di google yang kemudian menghalalkan segala cara , google akan tahu itu, namun lakukanlah hal yang berkelas buatlah konten yang berkualitas , jika konten kita berkualitas dan selalu update pengunjung akan datang dengan sendirinya. Tanpa diminta peringkat kita akan naik di google. oke ya…

8. Perhatikan Security nya

Yang terakhir perhatikan security. ibarat rumah bisa jadi ada maling masuk atau ada yang sekedar iseng corat coret tembok, solusinya ya diberi keamanaan. misal bayar security buat jaga di depan rumah, kasih cctv, pagar diberi listrik dsb.
Sama seperti website , website kita bisa jadi tidak aman, kemasukan spam, kemasukan maling data, iseng ubah halaman website, dsb
Ini ada ilmunya sendiri security web.

Yap Demikian Langkah2 untuk membuat website dari Nol , semoga bermanfaat.

 

Jakarta, 10 Februari 2016

 

Mahrizal

Iklan

Satu tanggapan untuk “8 Tahapan Membuat Website dari Nol

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s