12 Alasan Kenapa Perlu Belajar GIT Untuk Menjadi Programmer Advance

gitscm
git-scm.com situs resmi git

GIT sebagai software dan konsep version control sangat membantu para programmer di dalam mengembangkan project2 nya. Siapa yang ingin project nya rapi maka wajib belajar git.

Apa itu GIT?

Git adalah software untuk membantu kita mengontrol versi2 dari project kita. Tidak mungkin kita membuat sistem sekali jadi tanpa ada modifikasi. Tidak mungkin kita membuat website tanpa revisi. Baik sistem ataupun website sering ada perbaikan2, bahkan dengan perbaikan2 itulah sistem kita menjadi up to date. website kita tidak ketinggalan zaman.

Kenapa perlu belajar?

Karena siapapun kita tentu ingin menjadi programmer yang profesional. Yang kemampuan teknikal nya advance melebihi rata2. Dan diantara skill yang wajib dikuasai programmer advance adalah tahu versi kontrol. Buat apa punya sistem banyak tapi tidak dimaintain dengan baik. Buat apa sering perbaikan fitur tapi tidak punya history dan dokumentasi sistem.

Baik, saya mengumpulkan setidaknya ada 12 alasan kenapa kita perlu belajar GIT

  1. History Coding dan File ada recordnya

Ini yang utama. Programmer yang baik selalu punya dokumentasinya atau history nya. Seperti yang sudah saya singgung di atas, mustahil coding tanpa ada perubahan. baik itu penambahan fitur atau perbaikan bug, selalu coding ada perubahan. dan programmer yang baik akan punya historynya. Agar ke depan mudah maintenancenya. agar ada recordnya ada bug apa saja selama ini, ada perbaikan fitur apa saja selama ini.

Bahkan tidak tanggung2 GIT mencatat setiap line kita yang ada perubahan. GIT tahu line mana yang kita tambah dan line mana yang kita hapus.

2. Tidak perlu merename file untuk membuat backup

Sebelum mengenal GIT, saya selalu merename file sebagai backup. Contoh index-1.php  , atau lebih spesifik index-15-11-2016.php.

Namun setelah mengenal git saya tidak perlu selalu melakukan hal itu. Sebab sudah ada record perubahannya.

3.  Bisa kembali ke perubahan yang sebelumnya bahkan yang paling awal

GIT ibarat mesin waktu yang mana kita bisa kembali ke coding versi sebelumnya bahkan yang paling awal. Setelah kembali kita pun bisa kembali ke coding versi sekarang. Versi berapapun kita ingin kembali kita bisa , kita akan dibuat ternganga karena kita bisa melihat codingan sebelum kita memodifikasi sejauh ini.

4. Bisa membuat versioning dengan rapi

Apa itu Versioning?

Versioning adalah pembuatan versi untuk project kita. Idealnya sebuah sistem ada sistem versioning. Sampai versi berapa sistem kita sekarang. apa saja perubahan dari versi sebelumnya. sehingga kita bisa tahu sejarah perjalanan sistem kita.

5.  Bisa membuat cabang untuk memodifikasi tanpa menyentuh versi asli

Mau memodifikasi tapi tidak mau menyentuh coding yang sudah fix saat ini? Buat cabang dan lakukan di modifikasi di cabang tersebut. Ada fitur baru ? Buat cabang . ada bug dan butuh perbaikan? buat cabang . Kita bisa lakukan itu tanpa menyentuh coding asli. sehingga coding yang stabil aman. Bila sudah selesai modifikasi , fitur baru sudah jadi dan kita ingin menggabungkan, tinggal gabungkan dengan perintah git. enak simple.

6. Bisa Copy paste tanpa Flashdisk 

Kerja team dan kita ingin melihat codingan tim kita? Push atau upload projectnya di server dan kita bisa menarik setiap saat. Kita bisa mengcopy project punya tim kita tanpa flashdisk cukup perintah git. Project akan tertarik dan seolah paste di komputer kita.

Sebaliknya bila kita ingin mengshare project kita, cukup push atau upload ke server, dan minta tim kita untuk menarik project kita.

Tidak hanya project nya yang kita ambil namun history perubahan nya juga akan kita ambil juga.

7. Bisa review tanpa ada kendala jarak

Setelah kita bisa mendapatkan file project dari tim kita, tentu kita mereview setiap saat dan di mana saja.

8. Bisa memodifikasi file dalam waktu bersamaan

Bila kita sedang kita kerja tim dan kita ingin memodifikasi bersamaan maka itu bisa dilakukan.

9. Ketahuan Siapa yang mendedit dan mana yang diedit

Kita akan tahu tim siapa yang mengedit, kapan edit dan bagian mana yang diedit.

10. Project lebih rapi dan mudah dimaintenance

Hasil dari semua ini ialah project kita menjadi lebih rapi dan mudah dimaintenance. kita tidak tahu ke depan apakah akan ada penambahan tim lagi atau tidak. sehingga jika project lebih rapi tim kita yang baru akan lebih cepat beradaptasi dengan coding kita.

11. Ada Hosting Gratis Untuk GIT

Kabar baiknya kita belajar GIT jika kita tidak punya server ialah ada penyedia hosting gratis, yang populer ada 2, Github dan Bitbucket.

Apa bedanya Github dan Bitbucket?

github.png
github.com ajang sharing project sesama programmer

Github lebih unggul kalau kita mau share ke programmer lain di belahan dunia lain. Misal kita punya project untuk kita share free, maka github menjadi pilihan utama. Sudah banyak sekali programmer yang menggunakannya. Bisa dibilang github adalah ajang share para programmer.

bitbucket
Bitbucket.com, memudahkan kerja tim dengan private project

Sedangkan bitbucket kurang lebih sama, hanya bitbucket punya fitur khusus yakni bisa disetting menjadi private. Ini sangat menguntungkan kita untuk kerja tim. Saya sendiri memakai bitbucket dengan tim saya untuk hosting git. karena bisa disetting private tidak untuk dishare.

Sebenarnya di github ada juga settingan buat private tapi bayar. sedangkan di bitbucket free, meskipun dibatasi berapa project free nya, ya namanya free ya, tapi  ya mendinglah buat kita belajar.

12. Project2 kelas Besar pun Menggunakan GIT

Yang terakhir ialah Perusahaan kelas besar pun menggunakan git untuk menghandle project2 besar mereka. sebutlah google, facebook, twitter, microsoft dsb.

git.png
Perusahaan2 yang menggunakan GIT

Apa maksudnya situs git mencantumkan perusahaan2 besar di atas? Tentu agar kita tidak ragu mencoba dan menggunakannya.Wong perusahaan besar saja pakai, masa kita ngga?.

Yap inilah 12 Alasan kenapa kita perlu belajar git menurut versi saya sendiri.

Thanks

15 November 2016

Mahrizal

 

 

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s