6 Tips agar Bisa Bangun Malam Qiyamul Lail

Siapa yang tidak tahu keutamaan Qiyamul lail, Shalat malam yang mempunyai keutamaan yang luar biasa. Shalat di waktu yang istijabah yang  apabila kita berdoa dikabulkan oleh Allah. Apabila minta ampunan akan diampuni oleh Allah. Apabila ada hajat keperluan akan diijabah oleh Allah.

ينزل ربنا تبارك وتعالى إلى السماء الدنيا كل ليلة حين يبقى ثلث الليل الآخر فيقول: من يدعوني فأستجيب له، من يسألني فأعطيه، من يستغفرني فأغفر له، حتى ينفجر الفجر

Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia setiap sepertiga malam akhir. Ia lalu berkata: ‘Barangsiapa yang berdoa, akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku akan Aku beri. Siapa yang memohon ampun kepada-Ku, akan Aku ampuni. Hingga terbit fajar‘ ” (HR. Bukhari dan Muslim )

Waktu yang saat itu malaikat-malaikat turun untuk mencari siapa hamba yang bangun dan berdoa di malam tersebut.  Sungguh berdoa di waktu tersebut laksana busur panah yang tepat sasaran. Laksana tidak ada hijab antara makhluk dan kholiq, bisa ngobrol dengan Pencipta kita, bisa bermesra-mesra an, bisa merengek merengek dengan Dzat yang kita cintai, dengan Dzat yang tidak akan pernah bosan mendengarkan keluh kesah kita. Dialah Allah Rabbul jalal.

Untuk bisa menikmati waktu istijabah tersebut perlu ada kiat2nya.

  1. Tidur jangan terlalu malam

Kita akan lebih bisa mudah bangun malam kalau kita tidur di bawah jam 9. Sebaliknya bila kita tidur jam 12 malam akan sulit buat kita untuk bangun Qiyamul lail. Semakin dini kita tidur semakin mudah kita bangun. Tidurlah maksimal jam 9, kita akan mudah untuk bangun.

2. Jangan menonton Televisi sebelum tidur

Menonton Televisi sebelum tidur membuat mata kita lelah dan otak bekerja tegang mencerna. Terlebih bila menonton film. Dengan tidak menonton TV kita akan lebih mudah untuk bangun malam. Untuk mengisi waktu malam kita bisa bercengkerama dengan keluarga atau membaca buku.

3. Niatkan untuk Bangun Malam dan Berdoa agar dimudahkan bisa bangun malam

Sebelum tidur berdoalah kepada Allah agar dimudahkan bangun malam dan diberi kekuatan untuk wudhu. sebab bisa jadi kita bangun karena kalah oleh ngantuk atau rasa malas karena dingin akhirnya tidur lagi. sering kan? nah sebelum tidur mintalah sama Allah agar diberi kekuatan untuk segera wudhu.

4. Tidurlah Sesuai Sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam

Tidur sesuai sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam yaitu tidur miring ke kanan menghadap kiblat. posisi lambung kanan berada di bawah. Tidur dengan posisi tersebut akan membuat kita mudah bangun malam.

Begitu pun apabila kita terbangun di malam hari karena badan terasa berat untuk diangkat karena posisi kita terlentang, cobalah langsung ubah posisi kita seperti sunnah rasul, langsung miring ke kanan menghadap kiblat. tapi jangan sampai tertidur hanya beberapa saat sekira2 hitungan sampai ke 10 atau 15, kemudian bangunlah duduk. Rasakan bahwa tubuh kita lebih enteng untuk kita ajak duduk saat posisi kita sesuai posisi tidur rasul , dibanding kita terlentang. Tidur terlentang membuat kita berat untuk kita bangun.

5. Begitu bangun nyalakan Lampu agar terang

Untuk mengantisipasi tidur lagi saat bangun, nyalakanlah lampu. sehingga akan membantu mata kita untuk melek. ada tips lain yaitu buka handphone, ini ampuh sebab mata akan melihat cahaya handphone sehingga akan melek, apalagi kalau media sosial lihat postingan teman2 ngantuk kita akan hilang, akan lebih membantu kalau teman2 kita orang shalih atau kita ikut group2 agama yang aktif selalu mengingatkan kita ibadah pada Allah. Begitu kita baca kita akan punya semangat untuk segera wudhu dan shalat.

Oh ya maaf melenceng sedikit tentang media sosial, medsos itu laksana pisau, bisa untuk memotong cabe, bawang untuk memasak, bisa pula untuk membunuh orang. Medsos bisa untuk hal hal negatif, bisa untuk sekedar senang2, bisa pula untuk hal2 yang positif, tergantung kita yang mengendalikannya.

Kalau kita ingin menggunakan dalam hal baik2, cari teman2 yang shalih meskipun kita tidak kenal di dunia nyata, postingan mereka yang bagus bisa kita ambil manfaatnya. Ikuti group2 agama, group orang shalih, yang selalu aktif posting, agar kita serasa selalu diingatkan selain itu kita jadi punya teman sesama orang shalih. Dengan begitu maka saat kita buka medsos kita, yang tampil di timeline kita adalah postingan2 yang bermanfaat yang mengingatkan kita kepada Allah.

Kalau ada yang postingan buka aurat, postingan tidak bermanfaat atau membuat hati kita kotor jangan ragu2 untuk meremove dari teman kita. tidak ada manfaatnya bahkan menimbulkan madharat.

Kembali ke soal Qiyamul lail, jika kita sudah memastikan teman2 dan group kita di medsos adalah orang2 shalih, membuka handphone sangat membantu kita untuk bisa qiyamul lail saat bangun. Begitu bangun minum air dulu biar seger, bagus buat kesehatan juga kan, kemudian ambil hp buka medsos kita facebook atau instagram baca postingan2 mereka yang mengajak kita dekat kepada Allah. insya Allah akan enteng tubuh kita untuk segera berwudhu.

6. Berdoa agar istiqomah

Setelah kita bisa wudhu,sholat tahajud dan berdoa bermesraan dengan Allah, di penghujung doa kita berdoa pada Allah agar kita bisa istiqomah qiyamul lail, kita doa agar besok dibangunkan lagi Allah dan diberi kekuatan untuk qiyamul lail. ini penting, karena bisa jadi kita sekarang enak bercengkerama dengan Allah, ngobrol dengan Allah, bercinta dengan Allah. tapi kita tidak tahu besok apakah bisa bermesraan lagi ataukah malah tertidur atau bahkan sudah bangun tapi tidur lagi karena kalah oleh rasa malas kita.

Demikian kiat atau tips yang bisa saya share semoga bermanfaat.

Sampai jumpa di surganya Allah.

 

23 November 2016

Mahrizal

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s