7 Point Perbedaan WordPress dan Blogspot

Saya akan menuliskan perbedaan wordpress dan blogspot berdasarkan pengalaman pribadi saya, saya punya blog wordpres yakni blog ini  dan blog blogspot yakni http://pemrogramanphpmysql.blogspot.co.id/.
Jadi setidaknya saya bisa merasakan bagaimana menggunakan keduanya.
Yang saya rasakan adalah :
1. Ringan

Saya merasakan akses blogspot lebih ringan dari akses wordpress, ini hanya perasaan saja, subyektif.

Pemenang : Blogspot
2. SEO
Untuk SEO kurang lebih sama,bukan serta merta blogspot lebih bagus karena punya google, tergantung update kita, karena saya sering update di wordpress maka saat saya test satu artikel ke dua blog, dan saya search di google yang keluar di halaman pertama adalah wordpress.
Pemenang : WordPress
3. Pilihan Tema
Secara umum pilihan tema wordpress lebih banyak dari pilihan blogspot. artinya yang disediakan oleh pihak2 masing2 penyedia blog. dan secara umum pula wordpress lebih keren dan elegan tampilannya daripada blogspot. pilihan tema blogspot juga banyak dan bagus2 tapi disediakan pihak ketiga atau pihak lain.. kita download dulu kemudian import dari blog kita. beda dengan wordpress yang menyediakan banyak pilihan bagus2 tinggal klik langsung berubah.
Pemenang : WordPress
4. Source code
Buat kita yang bisa ngoprek html.. dan menambahkan ini itu ke dalam source code..maka blogspot tempatnya…sebab di blogspot disediakan edit source code html, sedangkan wordpress tidak.
Dengan oprek kita bisa pasang iklan atau rubah tampilan sendiri.
Pemenang : Blogspot

5. Pembuatan ‘More’ di artikel
Kalau membuat artikel di blog kita ingin saat tampil ada ‘more’ nya atau selengkapnya… agar misal artikel panjang tidak langsung tampil semua tapi cukup beberapa paragraf.. baru kalau klik more atau selengkapnya akan tampil semua.
Pembuatan more sangat mudah dilakukan di wordpress… tinggal arahkan darea mana kita motong dan klik icon more
Berbeda dengan blogspot yang harus oprek source code html dan menyelipkan code nya.. ya kalau kita paham html kalau tidak paham kita repot.
Pemenang point ini  : WordPress
6. Monotize Adwords
Sambil menyelam sekalian minum air… artinya sambil menyalurkan hobi menulis sekalian bisa menghasilkan duit. itulah monotize atau proses mencari uang dari blog.
Monotize ada banyak cara diantara nya adwords dari google. jadi iklan akan muncul di blog kita otomatis dan kita akan dapat uang dari google begitu ada yang klik. semakin banyak yang mengunjungi maka semakin besar orang mengklik dan kita akan dapat uang.
Karena ini fitur dari Google maka tentu saja Blogspot didukung dan tidak ada masalah. lancar2 saja bila diaktifkan fitur adwords.
Sedangkan wordpress mendukung Adwords kecuali diupgrade ke premium jadi blog amahrizal.wordpress.com tidak dapat didukung oleh adwords harus upgrade menjadi amahrizal.com baru bisa aktifkan fitur adwords
Sementara blogspot baru kita buat lahir jebrol bisa kita aktifkan adwords, tinggal rajin2 nulis yang bemanfaat dan nantikan uang akan datang ke kita.
Pemenang : Blogspot
7. Tampilan Editor Admin
Ini selera, saya dulu pilih wordpress karena halaman editor admin di blogspot katro dan ngga banget… beda dengan wordpress yang kelihatan keren…
Tapi sekarang blogspot sudah mending… sudah jauh berubah dan terus improvisasi.
Kelebihan editor dari blogspot adalah simple dan mudah digunakan , terlebih oleh orang yang baru kenal blog dibanding dengan wordpress yang menurut orang yang pertama kali buka lebih complicated
Namun demikian sama hal nya blogspot, wordpress pun terus melakukan perbaikan dengan meluncurkan fitur simple editor, kita bisa menulis dengan editor yang lebih simple namun tetap elegant
Pemenang :
Tergantung selera namun secara umum ntuk pemula : Blogspot menang.
Referensi :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s