Cara Memimpin Team Programmer

Untuk memimpin tim programmer :


1. Perlu skill dan pengetahuan serta pengalaman di atas mereka, sehingga bisa mengarahkan, akan aneh kalau kita tidak bisa mengarahkan. Dengan memiliki skill, pengetahuan dan pengalaman di atas mereka, pimpinan dapat membantu permasalahan pemrograman mereka. Mereka bisa bertanya tentang kendala mereka.


2. Ketahui kelebihan dan kekurangan tim. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan, dengan mengetahuinya kita bisa tahu pembagian pekerjaan berdasarkan kesulitannya, sekaligus kita bisa tahu training apa yang perlu diberikan ke tim.


3. Bangun komunikasi. Sulit untuk kerja tim yang bagus kalau komunikasi dalam tim buruk. Masing2 orang jangan sampai ada masalah dalam tim sehingga kerja tim terganggu. Bila ada selesaikan baik2 dalam forum tertutup. Dengan komunikasi yang bagus kerja tim pun akan bagus dan solid


4. Lakukan koordinasi rutin dan berkala. Tentukan waktu koordinasi dan jadikan berkala. Dengan koordinasi masalah2 yang dihadapi bisa dibahas bersama. Meski kita biasa ketemu setiap hari di tempat kerja namun perlu ada agenda koordinasi resmi agar lebih dapat feel koordinasinya.


5. Makan bareng. Siapapun senang makan bareng. Ajak sekali2 tim untuk makan bersama dan jangan bahas kerjaan, biarkan obrolan2 ringan mengalir, percaya atau tidak itu bisa mengakrabkan satu sama lain. Sebagai pimpinan tak mengapa mengeluarkan uang pribadinya demi kesolidan tim.


6. Serahi tanggung jawab. Orang pada dasarnya senang diserahi tanggung jawab. Dia akan merasa lebih dibutuhkan dan lebih dipercaya. Dari situ tim akan terlihat percaya diri dan berkembang.


7. Usulkan kenaikan gajinya. Programmer adalah profesi yang sulit. Belajarnya susah, ada banyak hal yang harus dipelajari. Dari jari jemarin tangannya menghasilkan karya yang bermanfaat buat orang banyak. mikirnya dalam, pusingnya keriting, belum lagi tekanan-tekanan dari user, kerjaan programmer tidaklah mudah, tidak semua orang bisa. Untuk itu layak buat pimpinan untuk menaikkan kenaikan gaji tim nya, tentu dengan pertimbangan performa nya bagus, load bekerja semakin banyak, mampu diserahi tanggung jawab suatu proyek. Percayalah siapapun tim akan senang jika gajinya dinaikkan. Dan kita akan jadi pimpinan yang dapat respect dari tim, otomatis tanpa kita minta.


8. Adakan pelatihan, Dunia programming itu luas dan dalam. Tidak ada yang superman dalam programming. Masing2 bisa saling melengkapi, adakan pelatihan untuk tim. Masing2 memberi pelatihan kepada teman2 nya, dengan demikian mereka akan belajar keras terlebih dahulu sebelum memberi pelatihan. Bila ada training yang bagus di luar, ikutkan tim kita agar meningkat skill nya.

9. Evaluasi, dalam koordinasi idealnya membuat timeline pekerjaan, koordinasi berikutnya adakan evaluasi untuk perbaikan, tidak ada gading yang tak retak, tidak ada yang sempurna, pasti ada hal yang bisa diperbaiki atau dijadikan inovasi. Karena tidak jarang inovasi diperoleh dari kendala-kendala yang dialami.


10. Pimpinan perlu punya visi dan jelaskan kepada tim nya. Pimpinan perlu punya visi ke depan tim nya mau seperti apa, apa yang mau dihasilkan, apa target yang perlu dicapai di tahun ini dan tahun depan, kenapa ada visi itu, jelaskan kepada tim agar melangkah ke depannya sudah satu visi dan enak.


11. Tegur kesalahan tim dalam forum tertutup. Tidak ada orang yang tidak punya salah, setiap orang pasti ada salahnya, termasuk tim. untuk itu perlu tahu handling kesalahan tim. Tidak layak pimpinan menegur dan memarahi tim nya di depan umum. Panggil baik2 dalam ruangan tertutup dan jelaskan apa yang perlu diperbaiki. Kenapa demikian? Karena ada harga diri yang harus dijaga, tim akan malu kalau ditegur di depan umum, sebaliknya akan merasa dihargai bila diingatkan baik2 di ruangan tertutup.


12. Rayakan keberhasilan, setelah proyek selesai rayakan keberhasilan dengan makan-makan, tak harus mewah yang penting ada momen syukuran dalam kebersamaan untuk merayakan keberhasilan proyek.

Selamat menjadi pimpinan tim programmer yang baik.

Jakarta, 28 Januari 2020

Mahrizal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s