Photo Bisa Menipu

Hari ini saya diphoto untuk keperluan pembuatan ID Card yang baru.

Diphoto saya memakai hp yang bagus dan mahal.

Dan hasilnya saya menjadi putih… hehe

Mahrizal

Mahrizal

 

Ini memakai hp bagus makanya terlihat cerah dan putih

kalau aslinya saya mah dark skin… hehe

Saya dan teman saya Agus

Saya dan teman saya Agus

 

Beda ya hihi…

Btw teman saya agus itu masih single lho.. pinter dan sholeh orangnya… ada yang mau….

Ini fb nya: https://www.facebook.com/aguslangsar?ref=br_rs

 

Selesai Sudah Ikut Tilawati Terampil 13

Hari ini 4 Februari 2018, selesai sudah Diklat Guru Pendidikan Al Quran Tilawati yang saya ikuti di Tilawati Center Bogor.

Alhamdulillah hasil munaqosyah saya : bersyahadah, artinya boleh mengajarkan Tilawati sampai Al Quran.

Tidak sia2 perjuangan dari Jakarta ke Bogor tiap hari Ahad pagi.

Menyenangkan..

 

Kalau makanan dicuri kucing ikhlasin ajah……

Saat saya sedang di kamar mandi saya mendengar anak yang sulung teriak “Ada kucing”

kemudian disusul omelan istriku “Dede sih buka jendela, jadinya kucing masuk”
Istri bilang : “Bah ayamnya dicuri kucing, gara2 jendelanya kebuka” sambil ngomel

Saya sih ngerti kenapa istri dan si bungsu ngomel, ayam itu pemberian ibu kontrakan pulo gadung

Siang tadi memang ke pulog gadung , bapak ibu kontrakan mau naik haji jadi mengundang jamaah pengajian untuk mendoakan berangkat dan pulang agar lancar dan diberi kesehatan

Saya juga diundang , meski sudah tidak mengontrak dari tahun 2010 namun mereka sudah menganggap saya seperti anak sendiri

Pas pulangnya pamitan sampai nangis gitu “kamu sudah saya anggap anak, mahrizal” saya juga sampai keluar butir2 air mata #hayah lebay

Dan saya dibawain nasi kotak isinya nasi + ayam , “Ini bawa ya”

Kebayang dah pulangnya naik mayasari sambil bawa nasi kotak sama belanjaan yang lain pakai plastik, repot bingit
Dan ternyata sampai di kontrakan ayamnya yang mau buat makan malam dicuri kucing, mana istri ngga masak lagi, dan yang dibawa yang paha lagi kesukaan anak2… grhrgrhrgrhgrh

Saya sih pertama denger sebetulnya rada kesel juga sih tapi saya tiba2 saya inget ceramah kyai pas abis tarawih sebelum witir

Sang kyai berkata : “kalau ikan kita dicuri kucing ikhlasin aja, nanti diganti sama Allah”

Bener juga sih, udah ah saya ikhlasin aja
ikhlas las las las…..

Habis mandi saya kasih pengertian istri dan si sulung. yang lagi pada makan :
“udah…, itu tandannya kita mesti berbagi kan kita dari tadi sudah makan klengkeng , jajan dan lain2, lha kucing dari tadi siang ngga makan kan kasihan…”

Bada Maghrib saya ke mushola, pingin ikut ngaji ah, tiap malam minggu memang ada rutinan ngaji kitab fiqih, meski kadang saya ngantuk pas ngaji
setidaknya dapat berkah duduk di majlis ilmu didoakan para malaikat #mantap

Eh…ternyata malam itu tidak ngaji kitab, cuma dzikir dan doa bersama (baca : Tahlilan), tumben2 an ada apa ini ya udah saya ikut aja…saya datang sudah sampai baca ayat kursi
sampai selesai doa amin amin..eee..ternyata dikeluarin dari mushola nasi kotak dan dibagiin ke jamaah

Pas tanya ini ada apa pak, “Bu Haji ingin keluarganya yang sudah meninggal didoakan”
Ooo..bu haji yang kaya itu ya memang sih beliau orang dermawan suka bagi2 ke tetangga

Sampai rumah dibuka, beuh….

Ternyata isinya ada nasi  , ayam , bihun , sayur, dan menariknya ayam nya pas ayam paha bahkan lebih besar dari yang dicuri kucing
dan ada pula bonusnya : kotak snack, dibuka ada jeruk dan kue

Luar biasa mengikhlaskan satu paha ayam dibalas oleh Allah dengan satu paha ayam yang lebih besar plus nasi, bihun, sayur, snack, jeruk #MasyaAllah

Sebenarnya cerita ini sederhana , cuma point nya kalau kita mengikhlaskan apa yang diambil oleh Allah maka Allah akan mengganti dengan yang lebih baik

Yuk ah belajar mengikhlaskan

Sepenggal Kisah Keberkahan Dzikir

Boleh saya bercerita….

Kisah ini terjadi tahun 2009 , saat ekonomi keluarga sedang turun

Suatu waktu saya ngaji di kwitang, siangnya di Masjid saya disuruh mijit Habib Sholeh Condet , sambil mijitin beliau berkata :

Habib Sholeh

Habib Sholeh Condet

“Kalau kamu ada keinginan atau hajat minta sama Allah sungguh2,  baca Surat Al Fatihah 1000 kali atau baca shalawat 10.000 kali , insya Allah hajat kita akan tercapai, Allah akan mengabulkan hajat kita”.

“Iya bib” Kata saya sambil memijit beliau

Sepulang dari ngaji saya cerita kepada istri, cerita tentang ketemu habib Sholeh dan nasehat beliau tentang dzikir bila punya hajat.

“Mi kata habib kalau kita ada keinginan kita Dzikir Alfatihah atau shalawat” kataku menirukan habib Sholeh

Saat itu ekonomi keluarga memang lagi di bawah, sering kali benar2 tidak punya uang untuk belanja harian.

Suatu ketika saya pulang dari kerja, waktu itu kerja di daerah Pondok Gede , istri cerita bahwa hari itu dia lapar tidak memasak karena uang menipis dan akhirnya mengamalkan dzikir Al Fatihah .

“Umi hari ini ngga masak bah, uang umi tinggal 4000” katanya

“Umi laper….” lanjutnya

“Akhirnya umi coba baca dzikir seperti yang diceritain abah, umi berdoa sama Allah agar diberi rezeki ”

Saya mendengar ceritanya dengan seksama

“Tapi umi  tidak sampai 1000 bah, kuatir anam bangun, umi hanya sampai 100”  lanjut istri

Dan apa yang terjadi ?

“Abah tahu ngga apa yang terjadi” tanya istri

saya menggeleng tidak tahu

“Setelah dzikir umi keluar kontrakan, dan tiba2 ibu kontrakan ada di luar rumahnya manggil umi” lanjutnya

“Mba Ihda sini…. ” istri menirukan ibu kontrakan

“Mba Ihda ayo masuk…..” ajak ibu kontrakan

istri pun nurut dan masuk ke rumahnya , dan ternyata….

“Ayo mba ihda makan….” ajaknya

Ternyata sudah ada masakan yang sudah matang disiapkan di rumahnya. Ada nasi , sayur dan lauk pauk yang sudah dihidangkan.

Masya Allah….

Saat itu istri tidak dapat menahan haru di hati . Di saat perutnya lapar karena tidak punya uang untuk belanja  kini di hadapannya sudah ada makanan yang tersedia. Istri hanya tahu beberapa saat sebelumnya dia memegang tasbih di atas hamparan sajadah yang tentunya sambil menahan lapar, tapi luar biasa Allah mendengarnya langsung dan mengabulkannya saat itu juga. Lewat ibu kontrakan yang memasakkan untuknya.

Saya yang malamnya diceritakan pun tidak dapat menahan haru di hati…

Begitulah kalau Allah sudah berkehendak ‘Kun’ pastilah ‘Fayakun’ , kalau sudah berkehendak ‘Jadi’ pastilah akan ‘terjadi’

Saya dan istri berpikir, saat itu Allah sengaja tidak memberi istri rezeki berupa uang tapi memberi makanan yang sudah matang agar istri bisa langsung makan tanpa harus repot2 membelanjakan ke pasar dan memasak terlebih dahulu

Allah memang maha mendengar hamba-Nya yang meminta sungguh2

Gusti Allah boten sare…..

Cerita ini diceritakan kembali oleh istri semalam mengenang kisah keberkahan dzikir 6 tahun yang lalu.

Jakarta, 1 April 2015

Indahnya Mempunyai Istri Ibu RumahTangga

Mempunyai Istri sebagai Ibu Rumah Tangga adalah hal yang kuimpikan dari dulu. Saat masih duduk di bangku sekolah aku sudah mempunyai keinginan mempunyai istri ibu rumah tangga. Tidak perlu bekerja di luar hanya di rumah mengurus anak dan suami.

Karena sehari2 di rumah tentu bisa lebih fokus mengurus anak, tahu perkembangan anak, dan bisa mengurus rumah menjadi lebih bersih. Anak2 pun merasa mendapat perhatian dan kasih sayang penuh dari seorang ibu.

Aku selalu disambut senyum saat pulang kerja. Dicium tangan dan diambilkan air minum tanpa bertanya apakah aku haus atau tidak.

Istriku orangnya sopan, dari awal nikah sampai sekarang selalu memakai bahasa jawa halus kalau bicara denganku. Istilahnya ‘Basa krama’ seperti ‘Nggih’, ‘Boten’.

Baca lebih lanjut

Pak Warkidi, Tetangga yang Ahli shalat Jamaah

Aku dan Pak Warkidi
Aku dan Pak Warkidi

Di sini aku punya tetangga, namanya Pak Warkidi, usianya sudah sepuh tapi aku salut , semangat shalat Jamaahnya kuat. Asli Tegal dan merantau ke Jakarta dari tahun 1959 masih zaman Presiden Bung Karno

Orangnya baik sering menolong aku di saat aku butuh bantuan. seperti kemarin memasang antena. saat melihat aku beli antena beliau langsung masuk ke rumah dan mengambilkan bambu untukku, tidak hanya itu saja selepas shalat Ashar beliau membantu memasangkan.

Dari beliau shalat Jamaah aku mengamati ternyata , hampir sebagaian besar keluarganya sering shalat Jamaah di Mushalla termasuk menantunya Bang Joni. Aku mengambil kesimpulan agar anak menantu kita rajin shalat jamaah maka dimulai dulu dari kita sebagai kepala keluarga.

Semoga beliau selalu diberi kesehatan dan diberi kekuatan untuk selalu Shalat Jamaah. Ya Allah muliakanlah beliau dunia akhirat.

Update tanggal 25 Desember 2019

Beliau telah berpulang ke rahmatullah bulan Ramadhan tahun 2018, pada hari Jumat dishalatkan di masjid setelah shalat jumat dengan jamaah yang banyak, semoga Allah ampuni dosa beliau dan beri rahmat pada beliau.

10 Tahun dan 5 Tahun yang Lalu

10 Tahun yang Lalu, saat 2004 :
1. Aku masih belum punya kerjaan tetap
2. Aku Bekerja di pewarnaan kain di Pekalongan 2 minggu, aku mendapat bayaran 8000 sehari dan dibayar tiap hari Kamis sore
3. Aku menangis karena di suatu malam aku melihat ibuku yang sedang tidur sendirian, aku meratapi nasibku yang belum bisa membahagiakan ibuku, aku wudlu shalat dan berdoa. Aku bertekad aku harus menjadi orang sukses dan membahagiakan ibuku
4. Aku pertama kali merantau di karawang karena ada panggilan test , aku berangkat tapi gagal di test interview
5. Aku kembali merantau di Jakarta karena diterima di pabrik otomotif
6. Aku bekerja di pabrik di bagian gudang dengan pekerjaan menerima barang dari vendor, menyimpan di gudang dan mengirimkan ke bagian produksi kalau ada permintaan
7. Pengiriman ada yang memakai fork lift ada yang memakai gerobak, aku mendorong gerobak ke bagian produksi di gedung lain kalau panas kepanasan hujan kehujanan
8. Saat setahun bekerja di pabrik aku bertekad aku harus berubah aku tidak mau selamanya mendorong gerobak bukan apa2 aku merasa sayang otakku tidak dipakai.
Secara ekonomi orang yang kuliah lebih mudah mencari kerja daripada tidak.
secara psikologi juga secara umum aku melihat orang yang kuliah lebih bijak, lebih santun dan lebih baik pola pikirnya dibanding yang tidak.
Aku mulai mantap untuk kuliah karena aku ingin mensyukuri otak dari Allah yang sudah lama tidak aku pakai untuk belajar
9. Aku Kuliah di STIKOMCKI mengambil jurusan IT, saat aku awal2 praktek aku gaptek aku ingat sampai harus tanya kepada teman sebelah di lab bagaimana cara membuka program Photoshop.
10. Saat aku kuliah itulah aku merasakan gairah hidup baru, kuliah ya aku kuliah sampai ibuku di kampung bangga mendengar anaknya bisa kuliah. Otakku mulai kugunakan untuk belajar. Saat itu pula aku memasuki dunia baru, dunia IT. Welcome to the new world.

5 Tahun yang lalu , Saat Tahun 2009  :
1. Aku mulai magang KKP di perusahaan portal berita okezone .com dengan referensi Idham temen kuliah yang bekerja sebagai programmer di sana
2. Karena ingin fokus magang aku harus keluar dari pabrik tempat aku bekerja saat itu
3. Aku menganggur saat itu padahal istri hampir melahirkan
4. Aku mendapat jatah magang 1 bulan dari kampus tapi aku meminta 3 bulan pada Okezone karena ingin serius belajar dan permintaanku disetujui oleh Mas Ronald, Sistem Analis di sana
5. Untuk menutupi kebutuhan hidup saat itu aku pernah berjualan ager2 yang aku buat sendiri dan kutitipkan di warung . Pernah aku berjualan di kereta dan yang mana pernah diusir oleh petugas di stasiun kota saat menjajakan jualan.
6. Di Okezone aku tidak diajari secara intensif hanya diberi point2 untuk belajar , setelah itu aku dituntut harus bisa belajar sendiri. Idham bilang , “Belajar Program seperti puzzle, menggabung2 kan satu dengan yang lain, kalau anak SMA masih selalu diajarin sekarang kita harus sudah bisa belajar sendiri”. Idham bercerita dulu belajar program secara otodidak.
7. Alhamdulillah aku lulus dengan baik sidang KKP dengan membuat aplikasi kuis memakai php MySQL.
8. 3 Bulan berlalu magang , di hari terakhir aku diterima di perusahaan web publisher di Pondok Gede Dotus Indonesia. 9. Aku mulai mendalami PHP secara intensif dengan bimbingan Mas Radyan Programmer Senior. Aku mulai paham sedikit demi sedikit , aku mulai menyimpulkan : “Belajar dibimbing guru lebih enak daripada otodidak , karena terarah dan sistematis”. Bisa dibilang Mas Radyan adalah guru programming buatku.
10. Aku pamitan dengan perusahaan Dotus termasuk Mas Radyan dan teman2 disana Februari tahun 2010 karena aku diterima di perusahaan sekarang aku bekerja, MUC.