Pastikan Teman2 Kita di Medsos adalah Orang2 Shalih

Pastikan teman2 kita di medsos seperti di fb adalah orang2 shalih yang senantiasa posting kebaikan, mengingatkan kita tentang akhirat, menumbuhkan ghiroh islam, menumbuhkan semangat dakwah, menambah ilmu agama, menjadikan kita semakin dekat dan cinta pada Allah dan Rasulullah.

Sehingga saat kita sedang malas ibadah, buka fb langsung timbul semangat ibadah, lagi malas ngaji, jadi semangat ngaji, lagi berkubang dosa langsung bertekad tidak akan melakukan dosa lagi.

Ikuti group2 dan fan page yang mengingatkan kita kepada Allah dan Rasulullah.
Ada live streaming kajian dengarkan, Ada kiriman video tentang agama dengarkan.

Ada group yang membuat hati kotor tinggalkan
Ada teman yang suka posting aurat hapuskan pertemanan

Lihat ada profile yang berpakaian syar’i dan postingan2nya bagus, tambahkan untuk jadi teman kita.

Jadikan medos seperti fb bisa mengantarkan kita ke surganya Allah.

Iklan

Berikanlah Me Time Pada Istri

Buat para suami berikanlah me time atau waktu sendiri pada istri

Biarkan kita yang handle kerjaan biarkan kita yang anak2 handle anak2 agar istri punya me time

Seminggu full istri mengerjakan kerjaan rumah tangga ngurus anak ngurus suami capek lho pak, capek dan bosen, jenuh. Kerjaannya itu2 saja lagi2 ketemu cucian, lagi2 ketemu piring kotor, lagi2 ketemu setrikaan, jenuh beneran. Apalagi di tambah jarang keluar rumah jenuh tingkat dewa itu.

Untuk itu sehari aja kita biarkan istri kita bebas, tidak perlu mengerjakan kerjaan, tidak perlu handle anak, biar gantian kita semua yang ngerjain, minimal anak kita pegang, minimal istri tidak dengar teriakan anak, minimal istri tidak dengar rengekan dan berantemnya anak.
Biarkan istri biar fresh dulu pikirannya, ngga spaneng, otot2 tubuhnya biar kendur dan segar lagi.

Biarkan mau selonjoran, santai2 sambil update status.

Sehari santai buat istri bisa cukup bikin pikirannya fresh.

Sehari….aja…

Kita saja kerja capek kan butuh istirahat sabtu minggu, apalagi istri yang kerjaannya non stop sampai malem… pasti butuh istirahat…

Kalau ada uang…beri istri uang untuk ke salon… kalau istri cantik kan buat kita juga bener ngga. Kenapa lihat istri orang lebih cantik, ya karena mereka perawatan, istri kita ngga pernah dirawat…coba deh sekali2 istri kasih uang perawatan, cantik pasti.

Boleh percaya istri yang punya me time akan lebih bahagia, karena merasa punya waktu sendiri. Nanti setelah fresh tanpa diminta istri akan semangat melayani kita dan mengurus anak2.

Kalau istriku bilang me time bisa bikin istri tetep waras.

Yuuuk ah para bapak2… berikan me time pada istri… semingu sekali atau sebulan sekali…aja…

6 Agustus 2017

Mahrizal

Apakah Habib Rizieq Provokator?

Waktu itu pagi2 istri tanya, “abah, emang habib rizieq provokator ya, di fb ko banyak yang bilang provokator”

Saya jawab :

Bukan mi, provokator atau tidak itu tergantung sudut pandang kita berada di posisi mana, buat mereka yang tidak suka akan bilang provokator, tapi buat yang suka akan bilang beliau mujahid, beliau menyuarakan jihad yang membakar semangat umat islam.
Mungkin dulu bung tomo saat pidato berapi2 dianggap provokator oleh inggris dan yang pro inggris, tapi bagi kita beliau adalah pahlawan sejati yang membakar semangat
Mungkin dulu pangeran diponegoro yang melawan belanda dan mengajak yang lain untuk melakukan perlawanan dianggap provokator dan pemberontak oleh belanda dan yang pro belanda, namun bagi kita beliau adalah pahlawan sejati yang religius yang melawan penjajah

Begitu pula si pitung dianggap pahlawan bagi masyarakat betawi di masa itu bahkan namanya harum sampai sekarang, namun bagi belanda adalah pemberontak yang harus ditangkap dan dienyahkan

Jadi provokator atau tidak tergantung sudut pandang

Habib rizieq dianggap provokator oleh 9 naga yang ingin memuluskan reklamasi dan akhirnya mengendalikan NKRI,
Habib rizieq dianggap provokator oleh pendukung ahok karena beliau saat pilkada dengan lantang dimana2 mengatakan haram memilih pemimpin kafir berdasar al maidah 51,
Habib rizieq dianggap provokator oleh pecinta ahok yang merasa sakit hati karena ahok dipenjara.
Habib rizieq dianggap provokator pula oleh orang2 yang termakan oleh berita di media

Tapi bagi kami yang cinta beliau, simpatisan aksi bela islam, para alumni 411 dan 212 Beliau tak ubahnya sang mujahid sejati yang membakar semangat juang, membangunkan ruhul jihad yang selama ini tertidur, dan yang berhasil memimpin dan menyatukan jutaan umat islam.

By
Alumni 411 dan 212

Mahrizal

#BelaHabibRizieq
#Spirit212

Ibu Hamil dan Menyusui tidak puasa, Qodho kah atau Fidyah?

Ibu Hamil dan Menyusui tidak puasa, Qodho kah atau Fidyah?

Jawab :

1. Bila ibu hamil dan menyusui tidak puasanya karena khawatir dirinya sendiri saja, maka cukup Qodho saja
2. Bila ibu hamil dan menyusui tidak puasanya karena khawatir dirinya sendiri dan anaknya, maka cukup Qodho saja

3. Bila ibu hamil dan menyusui tidak puasanya karena khawatir anaknya saja, maka Qodho dan Fidyah

Dasar :

“Wajib atas orang yang diperbolehkan berbuka untuk mengqodho saja, kecuali hamil dan menyusui apabila mereka kuatir atas anaknya saja maka wajib atasnya qodho dan fidyah atas setiap satu hari satu mud makanan…”

(Al Mabadiul Fiqhiyah juz 3 : 42)

* Fiqih Madzhab Syafi’i

Tes Mental Mimpin Doa di Bis

Ramadhan lalu saya tes mental beranikan diri maju ke depan untuk memimpin doa.

Sederhana sebetulnya tapi butuh nyali gede. Maju di depan penumpang yang tidak kenal.

Tapi karena pingin ngajak doa apa salahnya.

Berani ngga ya…. berani ah…

“Mi abah mau tes mental ya, mau mimpin doa di depan”
“Ih jangan bah, malu….”
“Lha kenapa umi yang malu…”
“Jangan sih bah”
“Ngga apa2 mi….”

Saya pun maju ke depan minta izin ke supir dan kernet
Sekalian minta tolong musik nya dimatikan
Memang dari tadi ada musik dari video dangdut palapa..aduh… orang pantura ngerti biasanya

“Pak… boleh saya mimpin doa di bis pak?” Tanyaku sopan
“Oh ya mangga mangga…” jawab mereka dengan tak kalah sopan

Ternyata meskipun nyetelnya musik dangdut mereka masih cinta agama… mereka senang bila bisnya diisi dengan doa

Musik dangdut pun diberhentikan

Begitu musik berhenti dan saya berdiri di depan, sontak mata penumpang tertuju pada saya yang denga pedenya berdiri di depan..

Agak tegang juga sebetulnya pas dilihatin banyak orang

Saya mulai dengan salam untuk menyapa mereka

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh….”

Tak dinyana salam saya dijawab dengan serempak

“Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh…”

“Bapak2…ibu2… mas2… mba2…adek2…”
Mulai saya merangkai kata

“Alhamdulillah bisnya sudah mulai berangkat ya..
Kita akan pulang kampung bersama, mudik bareng ke rumah ketemu orang tua, saudara…”

Penumpang mengangguk2

Saya berhenti sejenak mengambil nafas…

Saya lanjutkan kembali…

“Kita ingin perjalanan kita selamat sampai rumah…
Kita ingin perjalanan kita lancar….”

Penumpang kembali mengangguk2 mengiyakan

“Alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu agar selamat sampai rumah
Bagaimana setuju….”

Ternyata dijawabnya dengan antusias
“Setuju…”

“Doa ini diajarkan oleh Rasulullah, ada di surat Azzukhruf ayat 13 – 14, saya dulu nanti bapak2 ibu2 ngikuti ya….”

Penumpang terlihat mengangguk2 mengiyakan

“Bismillahirrahmanirahim…..”
Diikuti oleh penumpang dengan kompak
“Bismillahirrahmanirrahim….”

“Subhanalladzi…..”
penumpang pun mengikuti kalimat perkalimat…..
“Subhanalladzi…”

“Sakhoro lana…. hadza…” dst

Mereka terlihat khidmat mengikuti melantunkan doa yang saya ajari.

“Semoga kita semua selamat sampai rumah dan ketemu orang tua dan saudara…”
“Aamiin…” sambut mereka…bahkan ada yang mengusap telapak tangan ke muka tanda sungguh2 dalam doanya

Kenapa saya berani?

Pertama karena saya ingin tes mental, berani ngga sih saya punya inisiatif mimpin orang2… maju ke depan… di depan orang2 yang ngga saya kenal…

Dan yang kedua, ini yang inti yang membuat saya berani, karena saya ingin mengajak mereka ingat sama Allah, itu aja….

Carilah Tempat Kerja yang Mendukung Kita Untuk Ibadah

Apa yang kita cari dalam bekerja….. dapat gaji cari duit cari uang cari nafkah bener kan
Ngga salah ko wajib malah hukumnya buat laki2 cari nafkah

Tapi kalau bisa carilah tempat kita cari nafkah yang buat kita nyaman ibadah

Kenapa?

Karena agar hasilnya barakah

Apalah arti kita kerja cari uang kalau ibadah susah akhirnya ditinggalkan. Shalat jamaah susah karena waktunya dan tempatnya susah Buat apa
Bukankah kita kerja itu untuk ibadah
Untuk cari ridha allah
Kita cari uang agar bisa nafkah anak istri, bisa ngasih orang tua, bisa bantu saudara, bisa beli baju buat shalat, bisa bantu pembangunan masjid, bisa ngasih ke tetangga yang tidak punya dan ngasih ke anak yatim
Gitu kan pingin kita

Lucu kalau kerja untuk ibadah tapi proses kerjanya ninggalin ibadah

Jadi jangan pernah meninggalkan ibadah saat kerja, justru ibadah itu lah yang membuat hasil uang kita barakah

Dan jangan lupa ya kita itu butuh lingkungan yang baik untuk membuat kita baik

Mimpi kita bisa shalat nyaman kalau musholanya di bawah gedung sempit panas kotor, karena tempat kerja tidak menyediakan tempat shalat
Mimpi kita bisa shalat on time kalau pimpinan kita saat rapat tidak mengizinkan kita shalat

Lingkungan pengaruh teman2

Seseorang yang shalatnya masih bolong2 bisa jadi rajin shalat karena lingkungan
Saat adzan berkumandang… Allahu akbar allahu akbar….

“Shalat yuuuk” temannya ngajak
“Ayoo shalat” temen satunya ngajak juga
” Ayo bro shalat” temen satu lagi ngajak juga

Teman2nya ngajak shalat dia bisa ikut shalat, apalagi diajak tiap hari, jadilah dia rajin shalat

Sebagaimana seseorang yang masih polos masuk lingkungan kerja yang banyak maksiat, minuman keras, pergaulan bebas, bisa terpegaruh orang tersebut.

Jadi lingkungan sangat berpengaruh

Salah seorang teman saat jadi mc di acara ulang tahun perusahaan mengaku di depan para hadirin, managemen dan karyawan

“Saya sebelum masuk sini shalatnya masih bolong2, tapi setelah masuk sini saya jadi keikut rajin shalat”

Langsung disambut gemuruh tepuk tangan para hadirin

Dan iman itu naik turun kan ya teman

Iman itu bisa bertambah dan bisa berkurang, gitu kata hadits shahih Bukhari

Ada saatnya kita semangat shalat jamaah, denger adzan langsung ke masjid, tapi ada saatnya juga denger adzan nanti2, beratnya masya Allah…

Ada saatnya kita baca Al Quran berlembar2 tanpa terasa, ada saatnya pula kita baca Al Quran satu ayat saja beratnya masya Allah….

Pernah kan
Ngga apa2…wajar ko… manusiawi… kadang kita ngga sengaja melakukan hal2 yang membuat iman turun, seperti banyak ngrumpi, banyak nonton tv, banyak main game, kebanyakan main di medsos…lumrah sih hiburan… tapi lama2 secara ngga sadar ini bisa menurunkan iman

Nah dengan lingkungan yang baik ini lah kita bisa mengimbanginya….

Pas lagi iman turun ada teman yang ngajak ke masjid, ditungguin pula, lama2 meski berat jalan juga
Pas lagi iman turun, ada teman2 yang lagi baca Al Quran di dekat kita, didenger enak.. akhirnya tergerak hati kita ikut mengambil Al Quran…

Lingkungan memang sangat pengaruh

Jadi kalau kita mau kerja atau mau pindah kerja pastikan lingkungan itu adalah lingkungan yang mendukung kita untuk ibadah.

Karena hidup akan barakah kalau kita istiqamah dalam ibadah.

Para Ayah….. Dongengkanlah Anak Sebelum Tidur

Para Ayah….. Dongengkanlah Anak Sebelum Tidur

Banyak ayah yang melewatkan momen ini, yaitu mendongengkan anak sebelum tidur.

Tahukah bahwa anak menikmati hal itu dan berkesan sampai besar

Saat didongengkan imajinasi anak akan tebang melayang membayangkan cerita yang kita dongengkan

Kita bisa menceritakan cerita para nabi yang penuh hikmah, kita bisa cerita hewan yang sarat dengan pelajaran, atau bahkan cerita2 kita sendiri yan kita alami yang bisa petik pelajaran, cerita kita saat masih kecil, pengalaman yang berkesan dan yang lain.

Tidak bisa cerita dan tidak ada ide… beli buku dongeng… banyak di toko buku

Kita bisa dongeng lewat buku… kita bacakan mereka saat menjelang mau tidur
Dengan sudah berbaring di tempat tidur… mereka akan menyimak bait demi bait dongeng yang kita ceritakan…imajinasi mereka akan menembus batas ruang dan waktu.. khayalan mereka terbang sesuai yang kita dongengkan

Hampir semua anak suka didongengkan lho ayah….apalagi dongeng pengantar tidur… anak akan bersemangat mendengarkan…

Saat itu pula kita bisa tanamkan nilai2 moral yang ada di cerita yang kita ceritakan… anak akan mengambil hikmah untuk bisa dipetik pelajaran… dan akan terpatri sampai besar ….

Tahukah ayah….secara tidak langsung itu akan menambah pererat hubungan emosional antara anak dengan kita, para ayah. Yang apabila kita tidak hadir menemaninya tidur…mereka akan kehilangan kita…