Perjuanganku belum usai

Usia ku saat ini 27 tahun meski aku sudah lulus kuliah dan sudah diwisuda aku belum mengambil ijzah S1 ku
aku merantau ke Jakarta tahun 2004 waktu usiaku 19 tahun, dengan ijazah STM ku aku bekerja di perusahaan otomatif di daerah pulo gadung
waktu awal aku kira aku akan merakit motor ternyata salah aku di bagian gudang menerima barang dari vendor disimpan dalam gudang dan mengirim ke produksi bila ada yang meminta
setahun bekerja aku merasa kerja sebagai kuli pabrik akan mati otaknya, otakku menganggur semenjak lulus sekolah
makanya setelah tanda tangan perpanjangan kontrak kerja aku daftar kuliah teknik informatika, aku pilih kampus yang bisa menyesuaikan waktu kerjaku, STIKOMCKI
setahun kemudian aku habis kontrak kerja dan waktu itu aku semester 2
aku pindah kerja ke karawang dengan bolak balik ke Jakarta kalau mau kuliah
di sini pula aku tidak sengaja bertemu dengan teman sd ku dulu di kampung, ihda rizqiyah yang nantinya kulamar jadi istriku
setahun kerja di karawang aku mulai lelah dan aku ingin kerja di Jakarta lagi yang tidak jauh2 amat dari kuliahku
akhirnya doa terkabul aku dapat kerja di daerah Jl. Yos sudarso perusahaan otomotif
oh ya aku lupa tidak mudah lho kerja sambil kuliah
misal kalau lagi ujian semester sementara di tempat kerja ada jadwal lembur, jadi bingung
kalau tidak ikut ujian dan belain lembur nanti tidak dapat nilai atau nilai E
tapi kalau belain ikut ujian dan tidak lembur malah tidak diperpanjang kontrak kerja dan dianggap tidak loyal
pusing kan? nah itu yang aku alami selama ini waktu kuliah
belum lagi ada tugas, ada ini itu
butuh keinginan yang kuat untuk bisa kerja sambil kuliah

sewaktu aku semester 7 aku diharuskan untuk PKL dari tempat kuliah
aku menimbang2 kalau PKL paling tidak harus keluar dari tempat kerja dan akan pusing di penghasilan dari mana
tapi kalau tidak PKL tidak bisa lulus kuliah malah jadi berantakan apa yang aku jalani selama ini
aku shalat istikharah
akhirnya aku mantap pilih PKL
aku tinggalkan kerja

dengan bantuan teman , idham namanya aku bisa PKL di okezone.com situs portal
idham adalah salah satu programmer di sana
dari situ aku mulai belajar php dari dasar dari cara menampilkan tulisan, buat form dsb
sebetulnya dari pihak kuliah PKL cukup 1 bulan tapi aku minta 3 bulan pada okezone
pikirku aku sudah kehilangan kerja karena PKL maka PKL ku harus membuahkan hasil skill untuk aku cari kerja lagi
sidang PKL pun aku dapat 7,2 lumayan lah dapat B ngga jelek2 amat
akhir dari PKL aku dapat panggilan di dotus indonesia , perusahaan website publisher
di sini dengan bimbingan mas radyan, programmer senior aku mendalami php
10 bulan aku di sini dengan waktu yang berharga….

akhirnya aku pindah kerja
aku dapat pekerjaan di muc , perusahaan konsultant pajak sebagai programmer sampai sekarang…..
itulah sekilas hidup merantauku…
kata ibuku aku sudah sampai di tempat tujuan..
mungkin karena ibuku menganggap aku sudah karyawan tetap sudah lulus kuliah ….

tapi…menurutku belum…
masih ada cita2 ku yang belum tercapai….
apakah itu..

Baca lebih lanjut