Umum

Hidup itu Sawang Sinawang Saling Melihat Satu Sama Lain

Saya sudah lama pingin hidup di kampung

Pingin kerja di kampung

Pingin punya rumah di kampung

Pingin memulai kehidupan di kampung

Dengan hijauan sawah

Dengan udara yang bersih angin sepoi sepoi

Orangnya yang ramah2

Dan bagus untuk perkembangan anak

Jakarta memang bagus untuk cari uang tapi tidak bagus untuk kehidupan

Sering sekali saya punya pikiran seperti itu ingin pulang ke kampung halaman

Dan sering pula saya dipertemukan oleh Allah dengan orang yang justru ingin ke Jakarta

Seperti habis lebaran kemarin saya bertemu dengan teman saya yang katanya pingin ke Jakarta untuk menaikkan penghasilan.

Yah orang memang sawang sinawang… saling melihat satu sama lain.

 

Iklan
Umum

Pingin efektif kerja : Koordinasi Meeting

Kalau ingin menambah efektifitas kerja, maka perbanyak koordinasi meeting

Dengan meeting akan ada evaluasi

Dengan meeting akan ada perencanaan kerja ke depan

Dengan meeting kerja akan efektif

Saya merasakan hal itu

Semakin sering meeting

ada meeting bulanan, meeting  per berapa bulanan,

meeting dengan divisi A, meeting dengan divisi B

saya merasakan kerjaan menjadi efektif.

Menjadi terpantau

Menjadi terevaluasi dengan baik

Jika ada kendala bisa diselesaikan bersama dengan segera.

Kerjaan menjadi lebih efektif.

 

Pemrograman, php, Programming, Ubuntu

[Ubuntu] Cara Upgrade Versi PHP ke 5.6 di Ubuntu 14.04

  1. Tambahkan repository dan update
  2. sudo add-apt-repository ppa:ondrej/php

  3. sudo apt-get update

  4. Install PHP 5.6
  5. sudo apt-get install -y php5.6 php5.6-mcrypt php5.6-mbstring php5.6-curl php5.6-cli php5.6-mysql php5.6-gd php5.6-intl php5.6-xsl php5.6-zip libapache2-mod-php5.6

  6. Matikan module php sebelumnya
  7. sudo a2dismod php5

  8. Aktifkan module php module versi sekarang
  9. sudo a2enmod php5.6

  10. Restart service apache
  11. sudo service apache restart

Referensi :

https://stackoverflow.com/questions/40567133/cannot-add-ppa-ppaondrej-php5-5-6

sharing, tips, Umum

Yang Terlewatkan Saat THR

THR umumnya sudah turun menjelang lebaran seperti sekarang ini.

umumnya pula langsung dibagi2 per pos mau buat apa mau ngasih siapa
Dan umumnya pula ada satu yang terlewat dalam pos THR, yakni THR untuk istri

Yaa istri itu juga perlu kita kasih THR sebagai rasa terima kasih kita sudah mendampingi

Istri kalau dikasih THR itu seneng, seneng banget malah merasa dihargai

Kita kadang kepikirannya jauh yang di kampung, saudara, keponakan dan menyiapkan amplop2 untuk mereka tapi kita tidak kepikiran belahan jiwa yang di samping kita

“Ini buat ibu”
“Ini buat mertua”
“Ini buat bibi”
“Ini buat keponakan2”

Lha terus buat bojomu endi?
Buat istrimu mana…

Lah dia kan ngga minta?
Yah kalau istri mah ngga bakal minta, istrimu itu orangnya nerimo, bersyukur, suaminya dapat THR saja sudah seneng, dibeliin baju ala kadarnya buat lebaran sama suaminya saja sudah seneng, istri itu orangnya nerimo, jadi ngga bakal minta

Kita lah yang harus pengertian
Masa kita ngasih orang tapi ngga ngasih ke istri kita

Kasih lah… sebagai bentuk rasa terima kasih kita ke dia… sudah nemani setahun ini dalam suka dan duka
Orang prihatin bareng lapar bareng hutang bareng… giliran punya duit ngga dikasih kan kasihan istri

Kan sudah aku kasih THR semuanya ke istri, dia yang ngelola
Beda mas bro… dia cuma ngelola bukan uang pribadinya dia… dan istrimu ngga akan nguntit buat pribadi dia…boro2.. yang ada malah takut THR ngga cukup… itu istrimu kang mas bro… istri yang baik hati..
Jadi kalau gitu kasusnya… THR istrimu yang ngelola… kamu ambil duit dulu beberapa kasihin ke istri
“Sayang ini THR buat kamu, buat kamu pribadi, terserah buat apa”
“Dan ini lebihnya kamu yang ngelola”

Istri mana yang tidak seneng klepek2…
Kita minta bikinin kopi langsung jalan saat itu juga… bikinnya pun sambil mesam mesem seneng…

Seneng tahu istri dikasih duit

Tapi kan istri kerja atau usaha sendiri punya duit sendiri dapat THR sendiri, ngapain dikasih?

Beda mas bro, berapapun uang yang dimiliki istri dari gaji, THR, atau usaha sendiri itu rasanya lain dengan uang yang dikasih suami.
Dan tetep akan seneng…
It’s not about nominal… ini bukan tentang nominalnya tapi ini tentang rasa menghargainya… istri akan merasa dihargai disayangi dan diayomi…

Ada loh istri yang kerja punya penghasilan sendiri pingin banget dikasih duit sama suami, berapapun deh… yang penting dikasih…
Bukan uang belanja ya… kalau uang belanja mah tiap bulan… ini maksudnya uang pribadi… buat pribadi istri… mau jajan mau apa..

Istri seneng banget kalau dikasih duit… beneran… setidaknya bisa beli cilok pakai duit sendiri…

Dikasih THR apalagi… seneng banget pasti…

22 ramadhan 1439 H

tips, Umum

Romantis Tanpa Kata

Pingin romantis sama istri ngga
Siapapun istri pasti seneng punya suami romantis

Romantis itu tidak selalu dengan untaian kata2 yang mesra
Romantis bisa juga dengan perlakuan2 yang bikin hati istri mak nyes dan meleleh

Kadang hal2 sepele juga bisa bikin istri seneng lho

Apa saja sih yang bikin istri mak nyes dan meleleh….

1. Ngecharge hp istri

Pertama charge hp istri pas lagi tidur…
biar istri bangun battery penuh
Percaya deh siapapun istri kalau bangun tidur pegang hp lihat 100% girangnya bukan main…
Ya kita aja seneng bangun tidur lihat hp battery penuh 100%.. sama istri juga gitu…
Usahanya ngga repot ko tinggal colok doang tapi bisa bikin hati istri mak nyesss

2.Makaiin helm istri

Ini kesannya sepele tapi ini momen romantis
Suami makaiin helm istrinya
Percaya deh minimal pas makaiin helm akan saling memandang
Dan itulah momen romantisnya
Istri siapa yang tidak seneng

3. Merapikan jilbab istri

Istri rambutnya ada yang kelihatan di pipi? Rapihin ….
“Ini mi kelihatan rambutnya”
Sembari tangan kita memasukkan rambutnya ke jilbab

4. Usap kepala

90% istri itu seneng kalau dipegang dan diusap kepalanya.. merasa diayomin dan disayangi…uuh so sweet..

5. Beliin peralatan yang dibutuhkan

Misal gunting di rumah sudah tumpul beliin aja yang baru tanpa diminta
Itu sesuatu banget buat istri…serasa jadi suami pengertian…

6. Ngasih duit ke istri

Istri itu dari sananya suka duit.. yang shalihah mau yang biasa…. kalau dikasih duit seneng…bersyukur maksudnya..

Mau yang ibu rumah tangga mau yang wanita karir atau pengusaha… sama seneng kalau dikasih duit suaminya
Walaupun misal penghasilan istri lebih besar tetep seneng kalau dikasih
Apalagi kalau ibu rumah tangga.. beuh.. senengnya masya Allah kalau dikasih

Ini bukan dikasih uang belanja ya… beda
Ini khusus buat jajan

“Mi ini 2 juta buat belanja”
“Ini 50 ribu buat jajan umi”

Meski 50 rb tetap seneng istri itu karena merasa punya sendiri… dibanding yang 2 juta tapi itu buat belanja buat bareng2
Beneran istri itu seneng kalau dikasih duit pribadi

7. Nyuci piring pagi hari

Saat istri masih tidur ..bangkitlah untuk nyuci piring.. paling 15 menit..
Nanti istri kita bangun pasti sumringah
Istri mana yang tidak senang saat bangun tidur piring sudah bersih tidak ada piring kotor… rasanya itu mak plong…

8. Mijitin Istri

Istri itu capek… lebih capek dari kita
Kita capek sampai rumah bisa rebahan
Istri ngga bisa
Kerjaannya full non stop
Makanya istri itu seneng banget kalau dipijit
Ngga usah lama2 5 menit aja itu sudah seneng

Ngga bisa mijit? buka aja di youtube tutorial nya mau mijit gaya apa aja ada

Beneran istri akan merasa sangat beruntung punya suami kita, kalau kita mau mijit.. langka jarang2…
Ngga usah lama2 5 menit aja…lebih dari itu bagus…

Jadi siapa bilang romantis itu harus dengan kata2… dengan perlakuan yang romantis kita bisa ko jadi suami yang romantis….dan akan berkesan.

8 Ramadhan 1439 H

Mahrizal

Umum

Tadarus di MUC

Di perusahaan ku berkerja kalau siang ramadhan pada tadarus.

 

Umum

Rindu Tadarus Bada Tarawih

Ramadhan telah tiba…

Dan hari ini sudah memasuki hari ke 2 ramadhan

Tarawih di Jakarta ramai

Namun serasa ada yang hilang setelah shalat tarawih

Terlebih buat yang merantau dari daerah

Yaitu tidak ada tadarusan di sini

Kalau di kampung setelah tarawih semarak tadarus di masjid2 dan mushola2 yang saling bersahutan

Dan itulah yang menambah suasana ramadhan

Ramadhan lebih greget lebih syiar karena suara tadarus

Di dalam mushola orang2 duduk melingkar menanti giliran masing2 untuk membaca

Satu membaca yang lain menyimak dan memperbaiki bila ada yang perlu diperbaiki

Sementara orang2 sekitar mushola akan dijadwal siapa yang jatah untuk konsumsi.

Dalam waktu singkat konsumsi pun melimpah menambah semangat tadarus

Setidaknya setelah baca bisa ngemil dan nge teh….

Suara tadarus pun saling bersahutan antar mushola dan masjid

Dan itu membuat greget suasana bulan Ramadhan

Sehingga pas pindah ke Jakarta saya merasakan hal yang lain

Saya merasakan kehilangan tadarus

Di mushola dan masjid sepi setelah tarawih

Kalau ada yang mengaji itu pun sendiri2

Sehingga setelah tarawih seolah tidak ada bedanya dengan malam yang lain… mushola sepi

Pernah setelah tarawih saya mencoba menuju ke masjid yang saya anggap besar sekitar saya dengan harapan ada tadarus..ternyata nihil.. sepi …lampu sudah dimatikan… tidak ada tadarus

Pernah pula saya menanyakan ke salah seorang pengurus mushola:

“Kenapa tidak diadakan tadarus”

“Ganggu…”

Waduh…. paling sampai jam berapa sih mas tadarus … habis tarawih juga masih pada melek malah yang ada pada main di lapangan…

Tapi ya beda2 daerah sih ya…maklumin saja meski hati tetep rindu dengan suara merdu tadarus yang saling bersahutan

Barulah saat mudik menjelang lebaran.. misal kebagian sehari dua hari ramadhan… saya bisa lagi menikmati suara tadarusan yang saling bersahutan… indah banget rasanya… dan tentu saja saya ikut di dalamnya… untuk mengobati rasa kangen tadarus.. kapan lagi coba…

Untuk yang masih tinggal di kampung atau di daerah nikmatilah… ada beberapa hal yang tidak didapati di Jakarta…. salah satunya suara merdu tadarus…

2 Ramadhan 1439 H

Mahrizal