Ustadz itu bernama Ustadz Sufyan Tsaury

Hampir genap setahun saya kenal beliau, ulama yang alim santun tawadhu namun punya kedalaman dan keluasan ilmu yang luar biasa.

Umum para ustadz para kyai dalam membalas wa, standar atau cenderung singkat, ok, malah ada yang jawab pakai stiker, atau emot tanpa kata2, maklum dan wajar karena umumnya beliau2 sibuk, ada mengajar dsb. Namun beliau membalas wa dengan santun, tanpa kalimat singkat.

Rumah beliau di Nangerang, kecamatan Tajurhalang Bogor. Beliau ketua DKM Masjid Jami’ Baiturrahman Nangerang yang samping jalan. Beliau punya santri di rumahnya. Di sini orang menyebutnya Kobong yang artinya, kamar santri.

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Begitu pula pengasuh begitu pula santri2 nya, punya Akhlakul Karimah yang tinggi, Diantara santrinya ada seorang anak dari habaib, seorang habaib mau menitipkan beliau tanda beliau bukan orang sembarangan.

Ada kesungguhan kegigihan beliau dalam mendidik santri2 nya. Bada subuh ngaji kitab, pagi ngaji kitab, sore ngaji kitab, bada Maghrib ngaji kitab.

Pantas santri2 beliau baru setahun sudah jago nahwu, karena digembleng beliau tiap hari, yang santri hitungan bulan ada yang sudah jago sorof, beliau tidak main2 dalam menggembleng nahwu sorof.

Sangking serius nya beliau dalam Nahwu dan sangking mendalam dan cintanya beliau pada ilmu Nahwu, beliau menulis sendiri rangkuman ilmu Nahwu yang dirangkum dari berbagai kitab, jurumiyah, Imrithi, dan Alfiyah.
Satu bahasan dijelaskan dalil jurumiyahnya, Imrithi nya dan Alfiyahnya.

Santri2 beliau wajib hafal Nahwu sorof, untuk Nahwu tidak hanya ditekankan paham tapi juga harus hafal matan-matan nya.

“Wawu jadi alamat Rafa’ pada berapa tempat”
“Apa Jurumiyah nya, Apa Imrithi nya” Begitu beliau dalam menanyakan pada santri-santrinya.

Ada satu keistimewaan beliau, sebagai ciri khas sebagai seorang ulama, yakni takdzim nya pada guru, Beliau sangat amat takdzim pada guru. Baik gurunya maupun keluarga nya.

Tidak hanya membimbing santri, beliau juga membimbing Masyarakat
Ada taklim pekanan malam Rabu untuk remaja, ada taklim hari Kamis untuk ibu2 umum, ada taklim hari Ahad untuk pemudi dan ibu2 muda.
Beliau pula majelis malam Jum’at, yang dinamai majelis Abhata, yang di dalamnya ratib, rawi dan mauidzah Hasanah,yang diikuti oleh banyak pemuda dan remaja.

Belum majelis2 binaan beliau, dari mushola perumahan, rumah2 warga yang diadakan pekanan, mereka membutuhkan pencerahan agama dari ilmu beliau.

Beliau memang the real ulama, sangat amat layak menyandang predikat ulama.
Bila di Jawa orang yang punya pesantren sudah layak dipanggil kyai. Menurut saya, beliau sudah layak dipanggil kyai.

Bukan ulama kalau tidak rendah hati dan punya akhlak yang tinggi.
Meski beliau punya samudera ilmu dan dalamnya pemahaman agama, beliau selalu rendah hati dan tawadhu. Dan itu yang membuat orang-orang cinta beliau, termasuk saya yang menulis ini.

Mahrizal
Pendatang di kecamatan Tajurhalang

Tinggalkan komentar