Tag

, , , ,

PHP adalah bahasa pemrograman web yang sedang populer saat ini . Website kelas dunia seperti Facebook yang didirikan oleh Mark Zuckerberg dan WordPress yang didirikan oleh Matt Mullenweg pun dikembangkan dengan bahasa PHP. Bahkan jika kita lihat lowongan2 pekerjaan pemrograman , bahasa PHP termasuk paling banyak ditemui info lowongannya.

PHP termasuk dalam kategori pemrograman yang tidak sulit untuk dipelajari, terbukti banyak yang bukan background IT namun bisa otodidak belajar PHP. asal ada sedikit kemauan dan konsentrasi kita semua bisa belajar PHP bahkan menguasainya.

Berikut cara cepat untuk bisa menguasai PHP :

1. Install Mengunakan Paket seperti XAMPP

Untuk bisa menggunakan PHP tentu harus kita install dulu software dan program yang diperlukan , apa itu :

a. Apache  : Ini adalah web server untuk menjalankan aplikasi kita, jelasnya gini kalau kita membuka website online kan pasti ada server nya misal facebook.com , situs facebook bisa dibuka kan ada server . Nah untuk menjalankan aplikasi atau website di komputer kita , kita perlu server di komputer kita , Apache ini lah salah satunya

b. PHP : Ini adalah bahasa untuk menulis programnya, dengan bahasa apa kita menuliskannya, seperti bahasa lisan kan ada bahasa indonesia, Inggris, Jepang, dsb, Demikian pula pemrograman ada bahasa PHP, ASP, Ruby dsb.

c. MySQL : Ini adalah database pasangan PHP, ada juga sih yang lain seperti Postgre dan yang lainnya, tapi memang biasanya MySQL yang dipakai. database itu ibarat lemari buat menyimpan baju, jadi database itu lemari nya data buat menyimpan data2 yang kita ingin simpan.

d. phpMyAdmin : Ini tidak wajib sebetulnya namun perlu, kalau bagi orang awam belajar MySQL langsung akan belajar versi commad prompt yang layarnya hitam tanpa tampilan, kurang enak buat pemula, lebih baik kalau ada tampilannya istilah kata GUI , salah satunya ya phpMyAdmin . jadi sudah tahu kan buat apa phpMyAdmin? buat menjembatani kita dengan database MySQL agar database  lebih user friendly dan kita mudah menggunakannya bisa klak klik2

Nah kalau kita mau sedikit repot kita install satu persatu dari atas ya Apache, PHP, MySQL, dan phpMyAdmin repot kan? tapi memang kalau sudah bisa ada kepuasan tersendiri sih bisa install satu satu

Tapi bagi pemula mending memakai paket XAMPP bisa didownload di sini  . Dengan install XAMPP kita langsung mendapatkan keempatnya sekaligus ya Apache, PHP, MySQL dan phpMyAdmin. sekali dayung empat pulau terlampaui jiah….

Selain XAMPP ada juga ko yang lain seperti WAMPPServer dan APPSERV. fungsinya sama saja

2. Belajar dari Seorang Master

Master adalah orang yang menguasai suatu bidang dari ujung sampai ujung. Master PHP berarti orang yang mengerti benar tentang PHP dan tentu banyak pengalaman dan jam terbangnya.

Dengan kita belajar pada seorang Master kita bisa dibimbing dengan baik karena banyaknya pengalaman orang tersebut. kita juga bisa tahu apa tips dan trick yang kebanyakan orang tidak tahu. Biasanya seorang Master dengan berjalannya waktu akan tahu apa tips dan trick nya. seperti bagaimana membuat program dengan efisien , bagaiamana cara mencari error syntax secara cepat dsb. Dengan belajar dari seorang master ibarat kita membeli barang di mall yang luas dan lengkap.

3. Belajar dari Buku

Apabila kita tidak bisa bertemu dengan seorang master di sekitar kita , maka belajar lah dari buku.

Seorang yang sudah menyusun buku setidaknya sudah malang melintang di dunia pemrograman, biasanya pula diselipkan tips dan trick di dalamnya

Membaca buku beda lho dengan membaca artikel di internet, daya ingat kita lain lebih kuat yang dari buku.

satu hal lagi kalau beli buku tidak harus dibaca keseluruhan sampai khatam nanti yang ada malah bosan apalagi buku tentang coding PHP (baca lama2 bisa mumet), baca sampai khatam bagus latihan2 yang ada di buku kita coba semua sehingga ingatan kita jadi terasah kuat itu bagus, namun kalau tidak  misal bosan juga tak apa cukup jadi referensi saja jika kita menemui kesulitan, Minimal kita punya buku sebagai pijakan. kadang kita lupa kan , nah itu gunanya buku buat mengingatkan kita kalau lupa. kalau ada waktu senggang sambil nunggu buka puasa misal bisa kita iseng buka lagi.

Sering2 aja main ke toko buku misal Gramedia banyak ko buku2 PHP bagus buat kita belajar dan referensi kita

4. Punya Manual

Manual ibarat kamus . Hal2 yang berkaitan dengan php lengkap di sini . Dari mulai installasi, koneksi database , fungsi2 ada di sini . saat kita lupa atau ingin mencari tahu sebuah fungsi kita bisa langsung buka jika punya Manual . Manual paling enak kalau file bentuk chm. Dengan sering membaca Manual perbendaharaan fungsi php kita bertambah banyak.

Manual PHP bisa didownload di sini :  http://www.php.net/get/php_enhanced_en.chm/from/a/mirror

5. Rajin Browsing Internet

Yang tak kalah penting, rajin2 browsing internet, kalau kita mentok di suatu kasus, buka google ketik apa yang kita cari langsung deh tampil hasilnya. kita buat program ada error nya, copy paste aja pesan error nya di google keluar deh hasil pencarian, yang tampil ya yang pernah ada kasus error  yang sama sebelumnya  yang diposting oleh orang di belahan dunia lain.(jiah), biasanya di forum2,  ikutin aja caranya , kalau gagal cari lagi link lain, cari yang lebih spesifik error nya .

Tapi jangan lupa ya kalau bisa kalau error kita sudah solve atau ketemu solusinya, gantian kita kasih kontribusi buat yang lain, apa update info di forum tsb, apa posting sendiri di blog, jadinya kalau ada orang lain yang ngalamin hal sama dan nemu artikel kita dan masalahnya jadi solved. tulisan kita jadi bermanfaat.

Selain itu rajin2 ikut forum2, tidak perlu ketemu kasus, coba aja kita mecahin kasus punya orang kali aja kita bisa, otak kita terasah juga lho mecahin kasus orang, asli, nanti kita jadi tahu oh..gini ya kasus nya programmer lain.

Oh ya kalau bisa kita punya blog, bukan apa2 minimal buat dokumentasi pribadi kita, kalau kita bisa mecahin suatu kasus misal seperti disinggung diatas posting di blog, nanti kalau kita butuh lagi tinggal buka blog kita lagi, selain itu blog juga bisa jadi ajang sharing pengalaman.

coba bayangin kalau di dunia ini tidak ada blog pemrograman , semua programmer pada pelit sharing ilmu kita mau cari info jadi susah, sebaliknya enak kan kalau banyak programmer ngeblog bisa saling sharing, makanya ayo punya blog.

Ngga enak lho pinter buar diri sendiri enak itu kalau kita pinter terus disharing  ke yang lain , pinter nya kita bisa bermanfaat buat yang lain. itu baru programmer keren sudah pinter , berbagi kepinteran pada yang lain lagi.

Satu lagi manfaat kita rajin browsing internet kita jadi tahu perkembangan teknologi khususnya di dunia informasi lebih khusus lagi di dunia pemrograman, dunia informasi khususnya pemrograman ini berkembang sangat pesat kalau kita ngga ngikutin hmm….rugi…

6. Gabung ke Komunitas

Kita bukan superman yang bisa kuat segalanya , kita butuh orang lain untuk saling tukar pikiran atau sharing masalah dan solusi, kalau kita masih kuliah sering2 diskusi dengan temen2 yang pinter, bentuk komunitas kalau sudah ada kita gabung, di dunia maya juga banyak komunitas2 PHP , ikut milis atau ikut php group baik di situsnya, facebook nya atau yang lain. Dengan gabung ke komunitas kita jadi punya teman sesama programmer.

7. Berlatih, berlatih dan berlatih

Ilmu pemrograman bukan ilmu jenis materi yang hanya dibaca dan dihafalkan. pemrograman termasuk PHP perlu dipraktekan, setelah kita baca buku atau baca tutorial kita coba praktekan, bisa jalan programnya atau tidak , kalau sudah jalan satu program kita akan seneng banget, karena sudah bisa menyelesaikan programnya.

Kalau sudah jadi satu program , buat program yang lain. sudah tahu dasar2 php, coba koneksikan ke database, kemudian berlatih MySQl  sehingga kita bisa membuat aplikasi CRUD (Create, Read, Update, Delete), kalau sudah bisa berlatih lagi dengan SELECT INNER JOIN, UPDATE INNER JOIN dsb.

Databese sudah bisa, coba membuat website company profile utuh dari nol sampai akhir, kalau sudah bisa , coba kita berlatih membuat website toko online yang mana akan bersinggunggan dengan session , dengan begitu kita akan belajar apa itu session. Begitu seterusnya dengan memperbanyak latihan pelan pelan kita akan terasah.

8. Terima Project

Setelah kita berlatih sendiri dan dirasa cukup paham PHP, kita perlu mencoba menerima project sebenarnya , ibarat kita sudah berlatih bela diri maka untuk semakin mengasah keahlian kita perlu mencoba langsung di pertempuran yang sebenarnya (jiah…asyik…).

Tapi hati-hati point kedelapan ini bisa jadi membuat kita semakin melambung atau semakin terpuruk tergantung komitmen kita. karena kalau kita sudah memutuskan untuk menerima project maka itu berarti kita harus komitmen selesai dengan baik.

Kenapa menerima project bisa mempercepat penguasaan? tentu dengan menerima project kita bisa tahu kasus2 lain di luar perkiraan kita, ada saja hal baru yang baru kita jumpai, nah itu yang membuat kita terasah. semakin banyak jam terbang kita semakin pengalaman pula lah kita.

Tapi sekali lagi hati2 karena ini hubungannya dengan orang lain. bila kita tak sanggup menerima karena misal scope nya terlalu luas atau terlalu rumit mending kita tolak di awal , jangan sampai kita terima tapi ternyata mengecewakan , ngga baik hal itu. ya ya tidak tidak . kalau ya selesaikan dengan baik kalau tidak katakan tidak .

Kalau mau berhubungan dengan orang lain misal terima project kunci pertama adalah kejujuran, ini penting melebihi skill kita, buat apa skill tinggi tapi sering bohong, orang ngga ada yang mau, mending skill pas2 an asal mau belajar tapi kejujuran no 1, eh bener lho kalau kejujuran itu no 1 soalnya itu pondasi , kalau skill bisa update sambil jalan.

contoh misal kita kerjaan belum selesai kemudian ditelpon oleh klien, apa yang harus kita jawab : mau jujur takut dimarahin karena sudah lebih deadline belum jadi, mau jawab sudah jadi tapi ko nyatanya belum jadi, akhirnya yang ada malah ngga diangkat telponnya atau sms nya tidak dibalas. salah fatal kalau seperti itu.

Mending bilang baik2 kalau belum selesai dan katakan alasan sebenarnya setelah itu minta maaf, itu agak menyakitkan tapi itu yang terbaik dan itu lebih gentlemen. asli pasti berkesan ko kalau kita berani jujur pada orang apapun yang terjadi orang itu pasti inget kejujuran kita. jadi programmer yang jujur ya pada siapapun jangan kuatir rezeki ngga akan ketuker ko di hati juga nyaman.

Yap sudah jam 3.19 malam , sementara di luar terdengar hujan turun yang membasahi bumi

Akhirul kalam terima kasih ya sudah membaca tulisan saya yang panjang ini

keep smile

Thanks and Wassalam..

Jakarta, 23 Feb 2013

Mahrizal

About these ads